Turki Uji Tembak Rudal Pertahanan Udara yang Diklaim Setara S-400 Rusia

Minggu, 28 Agustus 2022 - 14:23 WIB
loading...
A A A


Meskipun tidak ada pernyataan resmi, perusak pertahanan udara TF-2000 Angkatan Laut Turki di masa depan, yang dijadwalkan mulai beroperasi setelah 2027, diharapkan akan dipersenjatai dengan sistem pertahanan udara SIPER. Dalam hal ini, varian lebih lanjut dari rudal SIPER (mungkin Blok-2 atau Blok-3) dengan jangkauan yang ditingkatkan dapat dipertimbangkan untuk TF-2000.

Setelah Amerika Serikat (AS) memutuskan kemitraan dengan Turki pada proyek F-35 dan memberlakukan sanksi CAATSA atas Turki karena pembelian sistem pertahanan udara S-400 Rusia, Turki fokus pada solusi lokal untuk proyek-proyek besar. Dalam hal ini, Roketsan telah mempercepat pengembangan MIDLAS, sistem peluncuran vertikal asli, dan pengiriman pertama MIDLAS diharapkan akan selesai sebelum TCG Istanbul memasuki layanan, yang dijadwalkan pada tahun 2023.

MIDLAS akan dapat menampung dan meluncurkan berbagai rudal, termasuk rudal pertahanan udara keluarga HISAR, yang merupakan dasar dari SIPER (nama lama SIPER adalah HISAR-U, singkatan dari HISAR jarak jauh). Oleh karena itu, rudal SIPER yang ditembakkan dari MIDLAS VLS 64-sel tampaknya menjadi solusi yang kompatibel untuk kapal perusak TF-2000.

Di sisi lain, Turki saat ini sedang dalam pembicaraan dengan Prancis dan Italia untuk sistem pertahanan udara EUROSAM SAMP/T, tetapi belum ada kesepakatan. Jika kedua pihak mencapai kesepakatan, rudal ASTER 30 bisa menjadi pilihan lain untuk TF-2000.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)