2 Kapal Perang AS Berlayar Lewati Selat Taiwan, Pertama Sejak Kunjungan Pelosi

Minggu, 28 Agustus 2022 - 13:25 WIB
loading...
A A A
Menurut laporan media, pejabat militer China dalam beberapa bulan terakhir mulai menegaskan bahwa jalur air itu bukan perairan internasional selama pertemuan dengan rekan-rekannya dari AS.

Pokok pembicaraan baru ini memicu pertanyaan tentang apakah Beijing dapat lebih aktif menghadapi kapal angkatan laut AS dan sekutu di selat itu.

Selat Taiwan adalah arteri perdagangan utama yang telah melihat hampir setengah dari armada kontainer global dan 88% dari kapal terbesar di dunia dengan tonase melewatinya tahun ini, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Perairan ini juga merupakan rute utama bagi kapal yang berlayar dari China, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan ke pasar di Eropa, AS, dan semua perhentian di antaranya — hal yang ditekankan oleh pejabat AS.

Baca juga: Kemarahan China Tak Digubris, Makin Banyak Anggota Parlemen AS Kunjungi Taiwan

Persaingan China-AS telah memanas setelah kunjungan Pelosi ke Taiwan dan latihan militer skala besar China di sekitar pulau itu. Latihan-latihan itu termasuk peluncuran rudal yang melintasi Taiwan untuk pertama kalinya dan mendarat di perairan dekat pulau-pulau barat daya Jepang.

China menganggap Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai salah satu “kepentingan inti” yang tak tergoyahkan yang harus dibawa kembali, dengan kekerasan jika perlu.

Di sisi lain, Washington secara resmi mengakui Beijing daripada Taipei di bawah kebijakan "Satu China", meskipun juga terikat oleh Undang-Undang Hubungan Taiwan untuk memberi pulau itu sarana untuk mempertahankan diri. China telah mengutip perjalanan Pelosi sebagai bukti dari apa yang disebutnya "mengosongkan" kebijakan ini.

(ian)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1514 seconds (10.177#12.26)