Lukashenko: Pesawat Tempur Belarusia Siap Angkut Senjata Nuklir

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 21:20 WIB
loading...
Lukashenko: Pesawat Tempur Belarusia Siap Angkut Senjata Nuklir
Lukashenko: Pesawat Tempur Belarusia Siap Angkut Senjata Nuklir. FOTO/AIN
A A A
MOSKOW - Presiden Belarusia , Alexander Lukashenko mengatakan, pesawat tempur negara itu telah dimodifikasi untuk membawa senjata nuklir. Hal ini sejalan dengan kesepakatan dengan sekutu Rusia.

Lukashenko mengatakan, peningkatan itu menyusul pertemuan pada Juni lalu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang menawarkan untuk membuat pesawat tempur Belarusia berkemampuan nuklir di pabrik-pabrik Rusia dan untuk membantu melatih pilot.



"Apakah menurutmu itu semua omong kosong?" Lukashenko mengatakan kepada wartawan Jumat (26/8/2022). “Semuanya telah dilakukan,” lanjut Lukashenko, seperti dikutip dari AP.

Rusia menggunakan wilayah Belarusia sebagai tempat pementasan untuk mengirim pasukan ke Ukraina. Hingga kini, Moskow dan Minsk telah mempertahankan hubungan militer yang erat.

Lukashenko, yang telah menjadi presiden sejak 1994. Ia memperingatkan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya agar tidak melakukan "provokasi" terhadap Belarusia. Dia juga mengatakan, "target telah dipilih" untuk pembalasan, jika peringatannya tidak diindahkan.



Dia tidak merinci berapa banyak pesawat tempur Belarusia yang menerima upgrade untuk membuat mereka mampu membawa hulu ledak nuklir. Kremlin tidak segera mengomentari pernyataan Lukashenko.

Awal tahun ini, Lukashenko mengatakan negaranya dapat menjadi tuan rumah senjata nuklir Rusia jika AS dan sekutunya mengerahkan senjata nuklir ke anggota NATO Polandia dan Lithuania, yang berbatasan dengan Belarus.

Lukashenko telah memerintah Belarus dengan tangan besi selama 28 tahun sambil mengandalkan dukungan politik dan ekonomi Rusia. Pada tahun 2020, Moskow membantunya bertahan dari gelombang protes massa terbesar dan paling berkelanjutan dalam sejarah negara itu, yang mengikuti pemilihan presiden yang dikecam oleh oposisi dan Barat sebagai kecurangan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2195 seconds (0.1#10.140)