UE Akui Kesepakatan Abraham Tak Ubah Situasi Palestina

Kamis, 25 Agustus 2022 - 08:47 WIB
loading...
A A A
Keduanya membahas konflik Israel-Palestina dan Israel-Arab dan kebutuhan menemukan solusi positif yang akan menawarkan perdamaian, tidak hanya untuk Palestina dan Israel tetapi untuk wilayah yang lebih luas.

“Saya percaya Arab Saudi memiliki peran yang sangat penting untuk dimainkan,” papar Koopmans kepada Arab News.

“Adalah harapan semua orang bahwa konflik Israel-Palestina diselesaikan dan bahwa negara Palestina muncul sepenuhnya dan diakui. Untuk itu, kami membutuhkan lebih banyak,” papar dia.

“Jadi, itu juga yang saya diskusikan dengan pemerintah Saudi dan dengan banyak pemerintah lain di kawasan ini. Bagaimana kita bisa melakukan segalanya sedemikian rupa sehingga, pada saat yang sama Anda memiliki normalisasi, Anda juga memiliki kedamaian yang sebenarnya? Kita tidak bisa meninggalkan satu hal untuk nanti. Itu mungkin tidak akan pernah terjadi,” ujar dia.

Koopmans yang telah ditugaskan Uni Eropa dengan memberikan kontribusi aktif untuk penyelesaian akhir konflik Israel-Palestina, menyoroti relevansi lanjutan Inisiatif Perdamaian Arab yang diusulkan mendiang Raja Abdullah dari Arab Saudi pada 2002.

Inisiatif tersebut, yang didukung kembali pada KTT Liga Arab 2007 dan 2017, menawarkan normalisasi hubungan dengan imbalan penarikan penuh oleh Israel dari wilayah Arab yang diduduki, “penyelesaian yang adil” dari masalah pengungsi Palestina, dan pembentukan negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Arab Saudi dan beberapa negara lain ingin melihat Prakarsa Perdamaian Arab diimplementasikan sebelum mereka setuju mempertimbangkan normalisasi formal dengan Israel.

“Pertama-tama saya harus mengatakan bahwa UE juga mendukung Prakarsa Perdamaian Arab, dan prakarsa Raja Abdullah pada waktu itu sangat berani dan sangat penting, dan saya yakin itu masih berlaku dan kami masih mendukung ini,” papar Koopmans.

Dia menambahkan, “Ada banyak kendala untuk melihatnya menjadi kenyataan, dan kendala itulah yang sedang kami kerjakan saat ini.”

Perpecahan dalam tubuh politik Palestina, bersama dengan kesulitan politik Israel yang berlarut-larut, hanyalah beberapa dari banyak hambatan yang menghambat proses perdamaian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)