UE Akui Kesepakatan Abraham Tak Ubah Situasi Palestina

Kamis, 25 Agustus 2022 - 08:47 WIB
loading...
A A A
Koopmans percaya, jalan ke depan adalah bagi semua pihak untuk mengakui kepentingan yang mereka miliki bersama.

“Kita perlu sampai pada titik di mana semua orang cukup kuat dan cukup bersedia mengatakan sekarang adalah waktu untuk perdamaian, seperti yang saya yakini,” papar Koopmans.

Dia menambahkan, “Jika kita semua melihat apa kepentingan kita yang sebenarnya, maka kita menemukan banyak hal yang menyatukan kita, termasuk orang Eropa.”

“Kami menginginkan keamanan untuk Timur Tengah. Kami ingin semua orang hidup dalam kebebasan. Kami ingin orang menikmati hak yang sama. Dan kami ingin semua negara di bagian dunia yang begitu dekat dengan kami ini memiliki hubungan perdagangan yang baik, memiliki perjanjian dan pertukaran energi dan air serta perubahan iklim,” ujar dia.

“Ada banyak yang harus dilakukan di depan itu, dan saya percaya itu adalah kepentingan semua orang. Dan itulah upaya saya datang ke Arab Saudi untuk berdiskusi dengan pemerintah Anda,” papar dia.

Bagi sebagian pengamat, pengakuan formal atas negara Palestina merupakan prasyarat penting untuk menghidupkan kembali proses perdamaian. Untuk Koopmans, bagaimanapun, waktu pengakuan tersebut penting.

“Ada beberapa negara anggota Eropa, beberapa negara yang mengakui negara Palestina. Mayoritas tidak,” ujar Koopmans.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)