Turis Rusia Tak Sengaja Bocorkan Lokasi Sistem Rudal S-400 di Crimea

Selasa, 23 Agustus 2022 - 13:50 WIB
loading...
Turis Rusia Tak Sengaja Bocorkan Lokasi Sistem Rudal S-400 di Crimea
Seorang turis Rusia tak sengaja membocorkan lokasi penyebaran sistem pertahanan rudal S-400 di Crimea. Foto/Twitter @kromark
A A A
KIEV - Seorang turis Rusia secara tidak sengaja membocorkan lokasi penyebaran sistem pertahanan rudal S-400 saat liburan di Crimea. Wisatawan itu mengunggah foto dengan latar belakang senjata pertahanan tersebut di media sosial.

Menurut peneliti lembaga independen OSINT, Benjamin Pittet, wisatawan tersebut mengunggah foto sensitif--tentang jalan-jalannya di sepanjang pantai yang memperlihatkan perangkat S-400 di Crimea pada bulan Juli--di platform media sosial VKontakte.

Foto-foto itu berisi koordinat geografis yang menunjukkan bahwa mereka diambil di dekat desa Molochnoye, di Crimea. Demikian laporan Radio Free Europe/Radio Liberty untuk layanan Rusia.



Pittet mengatakan perangkat senjata pertahanan canggih Rusia itu tiba di dekat kota Yevpatoria, Crimea barat, sekitar 20 Juli.

Dalam contoh lain yang disorot oleh angkatan bersenjata Ukraina di Telegram, seorang wanita Rusia berbagi gambar di Instagram yang mengungkapkan lokasi sistem pertahanan rudal anti-pesawat Rusia di dekat Yevpatoria.

Foto itu diberi geo-tag Yevpatoria, dan diberi judul: "Di bawah perlindungan." Akun Instagram wanita itu kini telah dihapus.

Kementerian Luar Negeri Rusia, yang dihubungi media, belum berkomentar atas tindakan tak sengaja para turis yang mengungkap lokasi penyebaran sistem pertahanan S-400 di Crimea.

Radio Free Europe/Radio Liberty melaporkan bahwa mereka juga dapat mengambil gambar close-up dari instalasi pertahanan udara Rusia yang diterbitkan oleh pengguna VKontakte lainnya.

Crimea, yang dianeksasi Moskow dari Ukraina pada tahun 2014, adalah tempat wisata bagi orang-orang Rusia. Moskow menolak narasi aneksasi, dan menegaskan wilayah itu memilih bergabung dengan Federasi Rusia melalui referendum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)