Saingi China, Jepang Ingin Miliki 1.000 Rudal Jarak Jauh

Senin, 22 Agustus 2022 - 09:11 WIB
loading...
Saingi China, Jepang Ingin Miliki 1.000 Rudal Jarak Jauh
Jepang mempertimbangkan untuk memiliki 1.000 rudal jarak jauh untuk menyangingi China di tengah ketegangan yang meningkat di Selat Taiwan. Foto/Pool via REUTERS
A A A
TOKYO - Jepang sedang mempertimbangkan untuk menimbun lebih dari 1.000 rudal jelajah jarak jauh untuk mempersempit “kesenjangan rudal” dengan China .

Keinginan itu diungkap sumber-sumber pemerintah pada hari Minggu (21/8/2022), ketika ketegangan meningkat di Selat Taiwan.

Sumber-sumber pemerintah, yang dikutip Yomiuri, mengatakan Kementerian Pertahanan sedang mempertimbangkan untuk menyediakan rudal standoff Type-12 yang diluncurkan dari darat.

Tak hanya itu, jangkauan misil itu juga akan diperluas dari sekitar 200 kilometer (124 mil) menjadi lebih dari 1.000 km, terutama yang bisa melindungi pulau-pulau barat daya yang terbentang jauh dan wilayah Kyushu.



Senjata yang diinginkan, yang juga akan mampu diluncurkan dari laut dan udara, akan menempatkan pantai China dan Korea Utara dalam jarak serang.

Untuk memperoleh senjata pada tanggal awal, Kementerian Pertahanan dapat memasukkan permintaan mereka ketika meluncurkan proposal anggaran awal untuk fiskal 2023, yang diharapkan akan dirilis pada akhir bulan ini.

Masalah ini mendapatkan momentum tambahan setelah China untuk pertama kalinya meluncurkan lima rudal balistik ke perairan dekat Prefektur Okinawa awal bulan ini. Peluncuran itu adalah bagian dari latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan, yang menurut Beijing sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan.

China menganggap Taiwan yang demokratis sebagai bagian integral dari wilayahnya yang harus ditundukkan, dengan kekuatan militer jika perlu.

Tokyo mengutuk manuver China, yang menurut para pakar kemungkinan dimaksudkan untuk menghalangi intervensi AS dan Jepang dalam krisis apa pun atas Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)