Saingi China, Jepang Ingin Miliki 1.000 Rudal Jarak Jauh

Senin, 22 Agustus 2022 - 09:11 WIB
loading...
A A A
China memiliki sekitar 300 rudal jelajah berbasis darat dan 1.900 rudal balistik yang dapat menyerang Jepang.

AS terikat hingga 2019 oleh Perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah—yang melarang semua rudal berbasis darat dengan jangkauan 500 km hingga 5.500 km. Washington saat ini tidak memiliki senjata semacam itu di gudang senjatanya, meskipun telah mulai mengembangkan misil dengan jangkauan seperti itu.

Korea Utara memiliki senjata nuklir memiliki ratusan rudal balistik yang mampu menghantam Jepang. Terobosan Pyongyang baru-baru ini—termasuk klaim telah menguji senjata hipersonik yang dirancang untuk menghindari sistem pertahanan musuh—juga telah memicu kekhawatiran di pihak Tokyo.

Para kritikus mengatakan setiap langkah untuk memperoleh kemampuan serangan balik akan menyimpang dari interpretasi tradisional Jepang tentang Konstitusi pasifisnya dan kebijakan berorientasi pertahanan eksklusif negara itu.

Perdana Menteri Fumio Kishida, bagaimanapun, telah berulang kali menyatakan; "Jepang akan secara drastis memperkuat kemampuan pertahanannya dalam lima tahun, tanpa mengesampingkan opsi apa pun, termasuk kepemilikan kemampuan serangan balik.”
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)