Seorang Warga Israel Tewas di Indonesia

Senin, 22 Agustus 2022 - 06:52 WIB
loading...
Seorang Warga Israel Tewas di Indonesia
Boaz Bar Anan, warga Israel yang tewas saat mencoba mendaki Gunung Rinjani di Lombok, Indonesia. Foto/Instagram via Ynet
A A A
JAKARTA - Seorang warga negara Israel ditemukan tewas di Gunung Rinjani, Lombok, Indonesia , pada Sabtu pekan lalu. Korban tewas ketika mencoba mendaki puncak gunung berapi aktif tersebut.

Korban diketahui bernama Boaz Bar Anan (37). Dia tercatat sebagai penduduk Tel Aviv, Israel. Namun, dia masuk ke Indonesia dengan paspor Portugal.

Meski korban ditemukan tewas pada hari Sabtu, dia diduga terjatuh sejak Jumat dini hari.

Seorang petugas polisi setempat mengatakan bahwa Bar Anan mencapai ketinggian 3.766 meter, dan kemudian jatuh ke lereng di kedalaman sekitar 150 meter.



Pada hari Kamis pekan lalu, Bar Anan dan dua turis lainnya memulai perjalanan mereka dengan seorang pemandu. Seorang istri pemandu mengatakan menurut informasi yang dia terima, warga Israel itu mengambil foto selfie sebelum dia jatuh hingga tewas.

Laporan yang sampai ke Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan bahwa hingga Sabtu malam, jenazah Bar Anan masih belum dievakuasi dari lokasi tersebut, di mana operasi evakuasi yang direncanakan akan dimulai pada Minggu pukul 06.00 pagi.

Konsulat Israel di Singapura mengatakan pihaknya sedang memantau operasi tersebut.

"Ada beberapa insiden baru-baru ini warga negara [Israel] memasuki negara [Indonesia] menggunakan paspor asing," kata Kementerian Luar Negeri Israel, seperti dikutip Ynet.

"Pihak berwenang mempersulit dan hampir tidak mungkin untuk bekerja sama dengan kami dalam bantuan yang relevan."

Di akun Instagram-nya, Bar Anan mem-posting foto-foto beberapa tempat yang dikunjunginya di Indonesia, di antaranya Candi Prambanan, Danau Kelimutu, dan pulau-pulau Nusa Tenggara Timur.

Israel dan Indonesia sampai saat ini tidak memiliki hubungan diplomatik resmi, meskipun negara Yahudi itu gencar melakukan diplomasi untuk mewujudkan hubungan diplomatik kedua negara.

Kebijakan luar negeri Indonesia sejauh ini tetap membela Palestina untuk memiliki sebuah negara yang merdeka.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)