Covid-19 dan Cacar Monyet Belum Hilang, Kini Muncul Flu Tomat

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 13:02 WIB
loading...
Covid-19 dan Cacar Monyet Belum Hilang, Kini Muncul Flu Tomat
Flu tomat, penyakit yang sangat menular muncul di India ketika dunia masih berjuang melawan Covid-19 dan virus cacar monyet. Foto/Screenshot YouTube/Zee News
A A A
NEW DELHI - Ketika dunia terus berjuang melawan Covid-19 dan virus cacar monyet (monkeypox) yang terus menyebar, kini ada penyakit lain yang mulai menyerang bernama "flu tomat".

Flu tomat pertama kali diidentifikasi di India pada 6 Mei dan sejauh ini telah menginfeksi 82 anak, yang semuanya berusia di bawah 5 tahun. Demikian hasil riset Lancet Respiratory Medicine Journal.

Selanjutnya, ada 26 anak berusia 10 tahun tercatat sebagai kasus suspect flu tomat.

Dinamai flu tomat karena penyakit ini ditandai dengan lepuh merah yang muncul di kulit yang disertai demam dan nyeri sendi.

Baca juga: Takut Teperangkap Lockdown Dadakan, Pengunjung Mal China Berebut Keluar

“Sama seperti kita menghadapi kemungkinan munculnya gelombang keempat Covid-19, virus baru yang dikenal sebagai flu tomat, atau demam tomat, telah muncul di India di negara bagian Kerala pada anak-anak di bawah 5 tahun,” bunyi laporan Lancet.

“Infeksi virus yang langka berada dalam keadaan endemik dan dianggap tidak mengancam jiwa; namun, karena pengalaman mengerikan dari pandemi Covid-19, diperlukan manajemen yang waspada untuk mencegah wabah lebih lanjut," lanjut laporan tersebut.

Virus sejauh ini telah terdeteksi di distrik Kollam di Kerala, India, dan daerah terdekat di Anchal, Aryankavu dan Neduvathur.

“Anak-anak berada pada peningkatan risiko terkena flu tomat karena infeksi virus umum terjadi pada kelompok usia ini dan penyebarannya kemungkinan melalui kontak dekat,” imbuh laporan Lancet.

Petugas medis mengatakan penyakit ini, yang sejauh ini tidak ada obat untuk melawannya, sangat menular dan memiliki kemiripan yang mencolok dengan penyakit tangan, kaki dan mulut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1751 seconds (10.55#12.26)