Putin Telepon Presiden Jokowi, Ini yang Dibicarakan

Kamis, 18 Agustus 2022 - 18:55 WIB
loading...
Putin Telepon Presiden Jokowi, Ini yang Dibicarakan
Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pembicaraan via telepon dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (18/8/2022). Foto/Kedubes Rusia
A A A
JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan percakapan telepon dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (18/8/2022). Ini adalah kedua kalinya kedua kepala negara bersinggungan dalam dua hari terakhir.

Dalam kesempatan itu, Putin kembali menyampaikan ucapan selamat Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia kepada Jokowi dan rakyat Indonesia. Putin sebelumnya telah memberikan ucapan yang sama lewat Telegram kepada Jokowi tepat pada 17 Agustus.

"Kedua pemimpin membahas hubungan Rusia-Indonesia dengan fokus pada implementasi kesepakatan yang dicapai selama kunjungan Joko Widodo ke Rusia baru-baru ini, termasuk mempromosikan sejumlah proyek bilateral utama di bidang ekonomi dan perdagangan," demikian pernyataan Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia dalam keterangan tertulisnya.

"Dibicarakan ketahanan pangan global. Antara lain, Vladimir Putin memberitahu upaya Rusia bersama Turki dan Sekretariat PBB untuk menstabilkan pasar biji-bijian dan pupuk global," sambung pernyataan itu.



"Sehubungan dengan presidensi G20 Indonesia, persiapan untuk KTT di Bali pada bulan November juga disinggung," demikian pernyataan Kedubes Rusia.

Namun dalam keterangannya, pihak Kedubes Rusia tidak mengungkapkan apakah Presiden Putin akan menghadiri KTT G20 di Bali. Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan telah mengundang Putin dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, untuk menghadiri KTT G20.

Sebelumnya, pada akhir bulan Juni lalu, Jokowi telah bertemu dengan Putin di Istana Kremlin, Moskow. Dalam pertemuan itu Putin mengatakan Rusia siap memenuhi sepenuhnya kebutuhan pupuk produsen pertanian dari negara sahabat. Dalam kesempatan itu, Putin juga menegaskan kalau Rusia tidak memiliki batasan ekspor pupuk dan makanan.

Putin juga mengatakan bahwa Rusia mendukung upaya Indonesia yang akan menjadi tuan rumah KTT G20.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)