Via Telegram, Putin Ucapkan Selamat Ulang Tahun Ke-77 RI

Rabu, 17 Agustus 2022 - 18:35 WIB
loading...
Via Telegram, Putin Ucapkan Selamat Ulang Tahun Ke-77 RI
Presiden Rusia Vladimir Putin mengirimkan ucapan selamat ulang tahun ke-77 RI kepada Presiden Joko Widodo via aplikasi Telegram. Foto/Kedubes Rusia
A A A
JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat ulang tahun ke-77 RI kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ucapan selamat itu disampaikan Putin via aplikasi pesan Telegram.

Dalam ucapan selamatnya, Putin menggarisbawahi bahwa Rusia dan Indonesia adalah dua negara sahabat yang menjalankan hubungan konstruktif. Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Moskow beberapa waktu yang lalu sepenuhnya membenarkan hal ini.

"Vladimir Putin mengharapkan kepada Presiden Joko Widodo kesehatan baik dan kesuksesan, serta kepada semua Warga Negara Indonesia - kebahagiaan dan kemakmuran" demikian ucapan selamat Putin dalam keterangan tertulis Kedubes Rusia di Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden juga mengirimkan ucapan selamat HUT ke-77 RI. Ucapan Biden disampaikan dalam pesan tertulis yang disampaikan oleh Kedutaan Besar AS di Jakarta pada Selasa (16/7/2022).



“Yang terhormat Bapak Presiden (Joko Widodo), atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia karena Anda merayakan kemerdekaan bangsa Anda pada 17 Agustus,” kata Biden dalam pesan tertulisnya.

Biden mengatakan sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, AS dan Indonesia merayakan tonggak kemerdekaan mereka di tengah sejarah panjang dan bersama yang dibangun di atas visi bersama "Bhinneka Tunggal Ika" dan "E Pluribus Unum".

Kedua semboyan itu memiliki makna yang hampir sama. E Pluribus Unum, semboyan AS, berasal dari bahasa Latin yang bermakna "Dari banyak menjadi satu".

Sedangkan semboyan bangsa Indonesia, "Bhinneka Tunggal Ika" berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna "Berbeda-beda tetapi tetap satu jua".

Menteri Luar Negeri AS Antony J. Blinken juga mengirim ucapan serupa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)