AS Diminta Tantang Rudal China, Komandan Armada Ketujuh Sebut Ada Gorila

Kamis, 18 Agustus 2022 - 05:45 WIB
loading...
AS Diminta Tantang Rudal China, Komandan Armada Ketujuh Sebut Ada Gorila
Komandan Armada Ketujuh Amerika Serikat (AS) Wakil Laksamana Karl Thomas. Foto/daily star
A A A
SINGAPURA - Komandan Armada Ketujuh Amerika Serikat (AS) Wakil Laksamana Karl Thomas menyeru AS harus "melawan" peluncuran rudal di Taiwan oleh China.

Menurut Thomas, tindakan seperti itu oleh Beijing dapat menjadi norma jika dibiarkan tanpa tantangan.

“Sangat penting bagi kita untuk mempertandingkan hal semacam ini. Saya tahu bahwa gorila di ruangan itu meluncurkan rudal ke Taiwan,” ujar Wakil Laksamana Thomas kepada wartawan di Singapura.

Dia menegaskan, “Tidak bertanggung jawab untuk meluncurkan rudal di atas Taiwan ke perairan internasional.”



Thomas memperingatkan, “jika Anda tidak menentangnya,” tindakan ini dapat menyebabkan Selat Taiwan dimiliterisasi dengan cara yang sama seperti Laut China Selatan.

Armada Ketujuh AS berbasis di Yokosuka, Jepang, dan merupakan armada terbesar yang dikerahkan ke depan di Angkatan Laut AS.

Armada itu adalah bagian penting dari kehadiran militer AS di kawasan Asia-Pasifik, sehingga kata-kata laksamana itu menjadi lebih penting.



Komentarnya muncul di tengah ketegangan tinggi antara Beijing dan Washington setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri.

Pelosi melanjutkan kunjungan resmi yang mencakup pertemuan dengan pejabat Taiwan, termasuk Presiden Tsai Ing-wen, meskipun ada peringatan yang jelas dari Beijing pada Gedung Putih.

Menurut Beijing, tindakan AS dapat merusak hubungan bilateral dengan China.

Menanggapi perjalanan tersebut, yang dianggap Beijing sebagai pelanggaran kedaulatannya mengingat konsensus internasional bahwa Taiwan adalah bagian dari China, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) meluncurkan latihan militer beberapa hari di sekitar wilayah Taiwan.



Otoritas lokal di Taiwan mengutuk Beijing karena meluncurkan rudal balistik di dekat pulau itu dan karena mengganggu perdagangan dan lalu lintas internasional.

Taipei membandingkan tindakan PLA dengan tindakan Korea Utara.

Menurut Duta Besar China untuk India Sun Weidong, lebih dari 160 negara yang mewakili lebih dari 80% populasi global menyatakan dukungannya terhadap integritas teritorial China setelah kunjungan Pelosi ke Taiwan.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)