Komandan AS: Tembakan Rudal China ke Taiwan Harus Dilawan

Selasa, 16 Agustus 2022 - 16:19 WIB
loading...
A A A
"Kalau tidak ditantang...tiba-tiba bisa jadi seperti pulau-pulau di Laut China Selatan (yang) sekarang jadi posko militer," ujarnya.

"Mereka sekarang adalah pos-pos militer yang berfungsi penuh yang memiliki rudal, landasan pacu besar, gantungan baju, radar, pos pendengaran," imbuhnya.

Partai Komunis China tidak pernah memerintah Taiwan tetapi menganggap pulau itu sebagai wilayahnya dan berjanji suatu hari akan merebutnya, dengan paksa jika perlu.



Derak pedang ke arah Taiwan menjadi lebih jelas di bawah Presiden China Xi Jinping.

Amerika Serikat dan sekutu Barat telah meningkatkan "kebebasan navigasi" penyeberangan oleh kapal angkatan laut dari kedua Selat Taiwan dan Laut China Selatan untuk memperkuat konsep bahwa laut tersebut adalah jalur air internasional, memicu kemarahan dari Beijing.

China mengatakan pihaknya melakukan latihan militer baru pada hari Senin ketika delegasi anggota parlemen AS mengunjungi Taipei.

Media pemerintah memuat rekaman dan gambar pulau Penghu Taiwan yang konon diambil dari jet China yang terbang tidak jauh dari kepulauan itu.

Tetapi Taiwan membantah bahwa jet China mendekati Penghu.

"PKC menggunakan perang kognitif dan trik lain untuk membesar-besarkan dan menunjukkan bahwa (jetnya) dekat dengan Penghu. Ini tidak benar," kata pejabat senior angkatan udara Tung Pei-Lun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)