Rusia Kejar dan Usir Pesawat Mata-mata Inggris dengan MiG-31

Selasa, 16 Agustus 2022 - 06:42 WIB
loading...
Rusia Kejar dan Usir Pesawat Mata-mata Inggris dengan MiG-31
Jalur penerbangan pesawat pengintai Inggris RC-135 di Flightradar.com. Foto/Flightradar
A A A
MOSKOW - Satu pesawat mata-mata Angkatan Udara Kerajaan Inggris melanggar wilayah udara Rusia di Laut Barents dekat Murmansk.

Kabar itu diungkapkan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia, Senin (15/8/2022). Satu pencegat MiG-31 dikirim untuk mengejar dan mengusir jet pengintai RC-135 dari sekitar Cape Svyatoy Nos, dekat pangkalan utama Armada Utara Angkatan Laut Rusia.

“Pencegat MiG-31BM yang bertugas patroli udara perbatasan mengidentifikasi pesawat pengintai dan memaksanya menghentikan pelanggarannya terhadap wilayah udara Rusia,” ungkap pernyataan militer Rusia.



Moskow mengidentifikasi lokasi insiden itu sebagai Svyatoy Nos, tanjung di Semenanjung Kola, timur Murmansk di Rusia barat.

Meski Kementerian Pertahanan Rusia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang insiden itu pada Senin malam waktu setempat, FlightRadar menunjukkan RC-135 Angkatan Udara Kerajaan terbang di lepas pantai Murmansk sebelumnya.

Pesawat mata-mata RAF dengan sebutan RRR7255 membuat beberapa putaran sebelum menuju pintu masuk ke Laut Putih, melanggar wilayah udara Rusia dalam prosesnya.



Pesawat terlihat saat ini terbang kembali ke pangkalan RAF di Waddington, Lincolnshire, pusat komando RAF Intelligence Surveillance Target Acquisition and Reconnaissance (ISTAR).

Insiden Senin adalah serangan pertama pesawat NATO ke wilayah Rusia sejak konflik di Ukraina meningkat pada Februari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)