Dua jet tempur Rusia melintas, Inggris terkejut

Kamis, 24 April 2014 - 12:14 WIB
Dua jet tempur Rusia melintas, Inggris terkejut
Dua jet tempur Rusia melintas, Inggris terkejut
A A A
Sindonews.com – Aksi dua pesawat jet tempur Rusia yang melintasi wilayah udara di dekat Inggris dan beberapa negara Eropa, membuat militer Inggris terkejut. Militer Inggris bereaksi cepat dengan menerbangkan pesawat jet tempur Thypoon untuk menyelidiki aksi pesawat tempur Rusia itu.

Manuver militer Rusia itu terjadi saat situasi di Ukraina memanas. (Baca: Pasukan AS bermunculan, 2 jet tempur Rusia lintasi Eropa).

Demikian keterangan Kementerian Pertahanan Inggris (MoD). Pesawat jet tempur Inggris langsung lepas landas dari pangkalan St Andrews untuk menyusul laju dua pesawat jet tempur Rusia. Menurut MoD insiden seperti itu pernah terjadi delapan kali pada tahun lalu.

Aksi dua pesawat jet tempur Rusia juga terlacak di wilayah udara di dekat Skotlandia. Kendati demikian, MoD memastikan laju dua pesawat jet tempur Rusia berada di rute internasional. ”Mereka sangat berhak untuk melakukannya,” bunyi pernyataan MoD, semalam (23/4/2014) seperti dilansir BBC.

Aksi militer Rusia ternyata juga dilakukan di wilayah laut. Di mana, kapal perang Inggris mengintai sebuah kapal pengahancur milik Rusia yang melewati wilayah Inggris. Inggris mengerahkan kapak HMS Dragon setelah mengetahui ada gerakan dari kapal militer Rusia dari arah Portsmouth menuju perairan utara Skotlandia.

Menteri Pertahanan Philip Hammond, mengatakan aksi militer Rusia itu sejatinya sebagai aksi untuk memata-matai Inggris.”Peristiwa baru-baru telah meningkatkan kesadaran adanya aktivitas militer Rusia, tetapi kita selalu rutin dimata-matai, diidentifikasi dan dikawal oleh Angkatan Udara dan Angkatan Laut Rusia dari wilayah udara internasional,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5256 seconds (0.1#10.140)