Sri Lanka Izinkan Kapal Survei China Berlabuh di Hambantota

Minggu, 14 Agustus 2022 - 04:00 WIB
loading...
Sri Lanka Izinkan Kapal Survei China Berlabuh di Hambantota
Sri Lanka Izinkan Kapal Survei China Berlabuh di Hambantota. FOTO/Maritime Optima
A A A
KOLOMBO - Sri Lanka mengatakan pada Sabtu (13/8/2022), bahwa pihaknya telah mengizinkan kapal survei China , Yuan Wang 5 berlabuh di pelabuhan paling selatan, Hambantota pada 16 Agustus mendatang.

Izin itu dikeluarkan Sri Lanka, meskipun ada kekhawatiran keamanan yang dikemukakan oleh negara tetangga Sri Lanka, India dan Amerika Serikat (AS). Pelabuhan Hambantota sendiri dilaporkan dikelola oleh China.



Analis keamanan asing menggambarkan Yuan Wang 5 sebagai salah satu kapal pelacak ruang angkasa generasi terbaru China. Kapal ini digunakan untuk memantau peluncuran satelit, roket, dan rudal balistik antarbenua.

Baik China dan India telah mencoba untuk memperluas pengaruh mereka di Sri Lanka, yang menghadapi krisis ekonomi terburuk dalam sejarah pasca-kemerdekaannya. India telah memberikan lebih banyak bantuan ke Sri Lanka tahun ini daripada negara lain mana pun.

Tetapi, India khawatir saingannya yang lebih besar dan lebih kuat, China, akan menggunakan pelabuhan Hambantota di dekat rute pelayaran utama Asia-Eropa sebagai pangkalan militer.



Sri Lanka secara resmi menyerahkan kegiatan komersial di pelabuhan itu kepada sebuah perusahaan China pada 2017 dengan sewa 99 tahun setelah berjuang untuk membayar utangnya. Pada hari Jumat, India menolak klaim bahwa mereka telah menekan Sri Lanka untuk menolak kapal itu.

"Kami menolak dengan tegas 'sindiran' dan pernyataan semacam itu tentang India. Sri Lanka adalah negara berdaulat dan membuat keputusan independennya sendiri," kata Arindam Bagchi, juru bicara Kementerian Luar Negeri India.

Sementara Pentagon mengatakan, kapal Yuan Wang dioperasikan oleh Pasukan Dukungan Strategis Tentara Pembebasan Rakyat.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)