Mengapa Negara-negara Arab Tidak Membantu Palestina? Berikut Ini Sebabnya

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 19:30 WIB
loading...
Mengapa Negara-negara Arab Tidak Membantu Palestina? Berikut Ini Sebabnya
Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ketika Palestina menghadapi serangan Israel , pihak Arab sama sekali tidak terlihat memberikan bantuan sebagai negara-negara yang dekat dengan wilayah konflik tersebut. Seperti yang kita tahu beberapa negara memberikan bantuan terhadap Palestina ketika sedang berjuang menghadapi Israel.

Bahkan Indonesia juga telah memberi bantuannya meski notabene merupakan negara yang jauh dari wilayah tersebut. Atau seperti Qatar yang secara terbuka dan murah hati mendukung secara finansial dan politik.



Rupanya negara-negara Arab ini punya sebab tersendiri mengapa tidak memberikan bantuan ke Palestina ketika sedang bersitegang. Pada tahun 2018 lalu, Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengatakan dia ingin menekankan "Islam moderat" di kerajaan yang telah lama dibentuk oleh pandangan ultrakonservatif.

Melansir dari washingtonpost.com, dalam sebuah wawancara dengan Jeffrey Goldberg dari Atlantik, putra mahkota telah mengakui bahwa orang-orang Yahudi memiliki hak atas tanah air mereka sendiri. Hal sangatlah tabu mengingat dua negara ini dikenal sebagai musuh bebuyutan. Mau bagaimanapun pernyataan tersebut mencerminkan sesuatu yang lebih dari sekadar perubahan kebijakan di dalam istana kerajaan Saudi.

Ditambah lagi belakangan ini Israel telah banyak menjalin kerjasama dengan beberapa negara di Jazirah Arab. Selain itu teknologi persenjataan Israel juga canggih, yang bahkan telah mengembangkan sejumlah senjata nuklir. Beberapa dari produksi senjatanya juga sempat diekspor ke beberapa negara-negara Arab.

Dilansir dari npr.org, Salah satu negara yang menjalin kerjasama ini adalah UEA. Sementara banyak pemerintah Timur Tengah telah mempertahankan tradisi dengan keras mengutuk Israel, pemimpin Uni Emirat Arab, Khalifa bin Zayed Al Nahyan, tidak membuat komentar publik sama sekali.



Bahkan hingga munculnya berita pertempuran antara Israel dan Hamas yang telah menewaskan lebih dari 100 warga Palestina termasuk 31 anak-anak, menurut pejabat di Gaza. Hampir tidak ada sama sekali berita tersebut dikeluarkan oleh pemerintah UEA.

Arab Saudi mungkin tidak menandatangani Kesepakatan tersebut, tetapi diam-diam membangun hubungannya sendiri dengan Israel. Pada 2020 lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melakukan kunjungan bersejarah ke Arab Saudi.

Melihat potensi perang Israel yang besar karena telah memiliki senjata nuklir membuat beberapa negara tidak ingin campur tangan. Kemudian tidak adanya kontribusi apa-apa dari Palestina untuk negara- negara Arab juga membuat banyak negara ini tidak ingin mengambil resiko.

Sumber:
https://www.npr.org/2021/05/14/996503383/an-embarrassing-time-the-challenges-for-arab-nations-that-made-peace-with-israel
https://www.washingtoninstitute.org/policy-analysis/what-happened-arab-support-palestinians
https://www.washingtonpost.com/news/worldviews/wp/2018/04/03/jewish-people-have-a-right-to-their-own-land-saudi-crown-prince-says-as-charm-offensive-continues/
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)