Ukraina Tuduh Rusia Gunakan Pembangkit Listrik sebagai Perisai Nuklir

Rabu, 10 Agustus 2022 - 21:35 WIB
loading...
Ukraina Tuduh Rusia Gunakan Pembangkit Listrik sebagai Perisai Nuklir
Ukraina Tuduh Rusia Gunakan Pembangkit Listrik sebagai Perisai Nuklir. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Ukraina menuduh Rusia mengeksploitasi posisinya di pembangkit listrik tenaga nuklir yang direbutnya untuk menargetkan kota terdekat dalam serangan roket yang menewaskan sedikitnya 13 orang.

Andriy Yermak, kepala staf Presiden Volodymyr Zelenskiy, menuduh Rusia melancarkan serangan ke kota-kota Ukraina dengan impunitas dari pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, karena mengetahui bahwa Ukraina berisiko untuk melawan.



“Delapan puluh roket reaktif ditembakkan ke bangunan tempat tinggal,” tulis Yermak di layanan pesan Telegram, merujuk pada serangan terhadap Marhanets, seperti dikutip dari AAP.

“Negara teroris terus berperang melawan warga sipil. Rusia yang pengecut tidak bisa berbuat apa-apa lagi, sehingga mereka menyerang kota-kota yang bersembunyi di pembangkit listrik tenaga atom Zaporizhzhia,” tulisnya.

Valentyn Reznychenko, Gubernur wilayah Dnipropetrovsk tengah Ukraina, mengatakan pada hari Rabu bahwa serangan Rusia terhadap Marhanets dilakukan dengan 80 roket Grad. “Lebih dari 20 bangunan telah rusak di kota, yang terletak di seberang sungai Dnipro dari pembangkit listrik,” katanya.



Ukraina, yang menuduh Moskow melancarkan perang agresi gaya kekaisaran yang tidak beralasan, mengatakan, sekitar 500 tentara Rusia dengan kendaraan berat dan senjata ditempatkan di pabrik itu, tempat teknisi Ukraina terus bekerja.

Ukraina dan Rusia telah menuduh satu sama lain membahayakan keselamatan pembangkit listrik terbesar di Eropa, dengan menyerang satu sama lain di sekitarnya. Rafael Grossi, kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA), telah mendesak kedua belah pihak untuk menahan diri. Ia juga memperingatkan "risiko yang sangat nyata dari bencana nuklir".

Menteri Luar Negeri dari Kelompok Tujuh negara industri terkemuka pada hari Rabu menuntut agar Rusia segera menyerahkan kembali kendali pabrik ke Ukraina, sesuatu yang tampaknya tidak mungkin dilakukan Moskow.



Sementara Rusia mengaku tidak sengaja menargetkan warga sipil dalam apa yang disebutnya "operasi militer khusus" di Ukraina yang bertujuan untuk menjaga keamanannya sendiri dari perluasan aliansi militer NATO.

Rusia mengatakan, pasukannya berperilaku bertanggung jawab dan melakukan segala yang mereka bisa untuk memastikan keamanan fasilitas. Moskow menuduh pasukan Ukraina menembaki pabrik itu, sesuatu yang dibantah Kiev.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)