NASA juga hentikan kerjasama dengan Rusia

Kamis, 03 April 2014 - 13:51 WIB
NASA juga hentikan kerjasama dengan Rusia
NASA juga hentikan kerjasama dengan Rusia
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Amerika Serikat (AS) tak hanya menghentikan kerjasama militer dengan Rusia sebagai reaksi AS atas intervensi Rusia dalam krisis Ukraina. AS kini menghentikan kerjasama antara Badan Antariksa AS (NASA) dengan Badan Antariksa Rusia (Roscomos).

Administrator NASA, Michael O'Brien mengatakan dalam sebuah memo,bahwa semua misi kerjasama dengan Roscosmos Rusia dihentikan tanpa batas waktu.

“Suspensi ini termasuk kunjungan NASA ke Rusia dan kunjungan perwakilan Pemerintah Rusia ke fasilitas NASA, pertemuan bilateral, email, dan teleconference atau videoconference,” lanjut O'Brien. ”Pada saat ini, hanya operasional kegiatan Stasiun Ruang Angkasa Internasional yang dikecualikan.”

NASA mengatakan kepada berbagai media AS, bahwa mereka akan merilis sebuah pernyataan ke publik pada Rabu waktu AS atau Kamis (3/4/2014) hari ini.

Keputusan NASA itu, nyaris bersamaan dengan keputusan NATO yang juga menghentikan semua kerjasama dengan Rusia, setelah Rusia menganeksasi Crimea dari Ukraina. Pembekuan kerjasama itu diputuskan setelah 28 menteri luar negeri dari negara-negara anggota NATO bertemu.

Rusia telah mengkritik keras sikap NATO itu, dengan sindiran gaya bahasa yang digunakan NATO untuk mengumumkan penghentian kerjasama dengan Rusia mirip dengan gaya bahasa era Perang Dingin.“Bahasa laporan (NATO) agak menyerupai gaya bahasa era Perang Dingin,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Alexander Lukashevich, seperti dikutip Reuters.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5112 seconds (0.1#10.140)