AS Sebut Latihan China Serang Taiwan Provokatif

Minggu, 07 Agustus 2022 - 10:20 WIB
loading...
AS Sebut Latihan China Serang Taiwan Provokatif
AS sebut latihan China serang Taiwan provokatif dan tidak bertanggung jawab. Foto/New York Times
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menuduh Beijing melakukan tindakan provokatif dan tidak bertanggung jawab setelah Taiwan mengatakan China melatih serangan di pulau itu. Gedung Putih mengatakan Beijing berusaha untuk "mengubah status quo" atas Taiwan.

Ketegangan yang meningkat mengikuti kunjungan delegasi AS yang dipimpin oleh Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan. China memandang kunjungan itu sebagai tantangan terhadap klaim kedaulatannya atas Taiwan, yang menganggap dirinya berbeda.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan kapal dan pesawat China melakukan misi di Selat Taiwan pada hari Sabtu, dengan beberapa melintasi garis median - penyangga tidak resmi yang memisahkan kedua belah pihak. Jet tempur Taiwan dikerahkan untuk memperingatkan mereka.

Militer Taiwan mengatakan latihan itu merupakan simulasi serangan terhadap pulau itu.

Beijing belum mengomentari latihan terbaru, tetapi diperkirakan akan melanjutkan latihan militer di udara dan laut di sekitar Taiwan hingga Minggu.



Washington pun menuduh China meningkatkan ketegangan.

"Kegiatan ini merupakan eskalasi yang signifikan dalam upaya China untuk mengubah status quo. Mereka provokatif, tidak bertanggung jawab dan meningkatkan risiko salah perhitungan," kata juru bicara Gedung Putih.

"Mereka juga bertentangan dengan tujuan lama kami untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, yang diharapkan dunia," ia menambahkan seperti dikutip dari BBC, Minggu (7/8/2022).

China memandang Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri yang pada akhirnya akan berada di bawah kendali Beijing. Namun, Taiwan adalah pulau yang memiliki pemerintahan sendiri yang melihat dirinya berbeda dari China daratan.

Tetapi setiap petunjuk pengakuan ini oleh para pemimpin dunia membuat marah China. Diumumkan pada hari Jumat bahwa sanksi telah diberikan pada Pelosi dan keluarganya atas kunjungan tersebut.



Beijing juga mengumumkan akan menghentikan kerja sama dengan AS di beberapa bidang utama termasuk perubahan iklim, pembicaraan militer, dan upaya memerangi kejahatan internasional.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menuduh China mengambil langkah tidak bertanggung jawab dengan memblokir saluran komunikasi utama dengan Washington.

Pelosi - seorang kritikus lama China dan politisi AS berpangkat tertinggi yang melakukan perjalanan ke pulau itu dalam 25 tahun - tiba di Taiwan pada hari Selasa lalu, meskipun ada peringatan dari Beijing.

Selama kunjungannya, Pelosi mengatakan bahwa dunia menghadapi pilihan antara otokrasi dan demokrasi.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)