Tidak Main-main, China Luncurkan 11 Rudal Balistik ke Perairan Taiwan

Kamis, 04 Agustus 2022 - 19:28 WIB
loading...
Tidak Main-main, China Luncurkan 11 Rudal Balistik ke Perairan Taiwan
Militer China menembakkan beberapa sistem peluru kendali PCL191. Foto/Telegraph
A A A
TAIPEI - Tentara China meluncurkan sejumlah rudal balistik ke perairan sekitar Taiwan pada Kamis (4/8/2022) saat menggelar latihan militer terbesar yang mengepung pulau itu.

"Kementerian Pertahanan Nasional menyatakan bahwa Partai Komunis China menembakkan beberapa rudal balistik seri Dongfeng ke perairan sekitar Taiwan timur laut dan barat daya sekitar pukul 13:56 sore ini," kata kementerian pertahanan Taiwan dalam sebuah pernyataan singkat seperti dikutip dari Telegraph.

Kemudian dikonfirmasi bahwa 11 rudal telah ditembakkan, hampir dua kali lipat jumlah yang ditembakkan pada Juli 1995 selama Krisis Selat Taiwan Ketiga.

Sebagai tanggapan, seorang pejabat senior militer pada sebuah pengarahan mengatakan, Taiwan mengaktifkan sistem pertahanan yang relevan. Kementerian Pertahanan Taiwan mengutuk yang disebutnya sebagai tindakan irasional, yang merusak perdamaian regional.

Militer China telah memulai latihan perang yang belum pernah terjadi sebelumnya saat Beijing meningkatkan kampanye intimidasi terhadap pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi .



China pada Kamis pagi menambahkan zona lain untuk latihan militernya yang mengelilingi Taiwan – sehingga total menjadi tujuh – dan memperpanjang durasi latihan perang hingga Senin pukul 10 pagi waktu setempat, Biro Pelabuhan Maritim Taiwan mengumumkan, menurut media Taiwan.

Menurut Liberty Times zona baru untuk latihan militer terletak di perairan timur Taiwan, sekitar 130 kilometer dari Pelabuhan Hualien. Ini mengintensifkan dan memperpanjang durasi latihan perang yang belum pernah terjadi sebelumnya yang mengelilingi pulau yang diluncurkan China sebagai tanggapan atas kunjungan Pelosi.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan menegakkan prinsip mempersiapkan perang tanpa mencari perang.

Menurut Mayor Jenderal Meng Xiangqing, seorang profesor strategi di Universitas Pertahanan Nasional di Beijing, zona-zona itu dipilih karena kepentingannya dalam kampanye potensial untuk menutup Taiwan dan menggagalkan intervensi asing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)