Ketegangan Meningkat, China Kembali Tembakkan Rudal Balistik Dekat Taiwan

Kamis, 04 Agustus 2022 - 18:47 WIB
loading...
Ketegangan Meningkat, China Kembali Tembakkan Rudal Balistik Dekat Taiwan
China menembakkan rudal balistik Dongfeng ke dekat Taiwan. Foto/taiwannews
A A A
TAIPEI - China menembakkan sejumlah rudal di sekitar Taiwan saat memulai latihan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya. Latihan militer ini digelar sehari setelah Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri namun dianggap Beijing sebagai wilayahnya.

Tidak seperti biasanya, latihan di enam wilayah di sekitar Taiwan diumumkan dengan peta pelacak yang diedarkan oleh kantor berita resmi China Xinhua awal pekan ini - sebuah faktor yang bagi beberapa analis dan cendekiawan menunjukkan perlunya dimainkan baik oleh penonton domestik maupun asing.

Komando Teater Timur China mengatakan telah menyelesaikan beberapa penembakan rudal konvensional di perairan lepas pantai timur Taiwan sebagai bagian dari latihan yang direncanakan.

Terakhir kali China menembakkan rudal ke perairan sekitar Taiwan adalah pada tahun 1996.

Sementara itu Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan beberapa rudal balistik Dongfeng telah ditembakkan di perairan di timur laut dan barat daya pulau itu.



"Dua rudal juga diluncurkan oleh China di dekat pulau Matsu Taiwan, yang terletak di lepas pantai China, sekitar pukul 2 siang waktu setempat ke arah zona latihan yang diumumkan oleh China," menurut laporan keamanan internal Taiwan dan dikonfirmasi oleh sumber keamanan Taiwan seperti dikutip dari Reuters, Kamis (4/8/2022).

Para pejabat Taiwan mengatakan latihan itu melanggar aturan Perserikatan Bangsa-Bangsa, menginvasi ruang teritorial Taiwan dan merupakan tantangan langsung untuk navigasi udara dan laut yang bebas.

"China sedang melakukan latihan di jalur air dan rute penerbangan internasional tersibuk dan itu adalah perilaku yang tidak bertanggung jawab dan tidak sah," kata Partai Progresif Demokratik yang berkuasa di Taiwan.

Juru bicara kabinet Taiwan, yang menyatakan kecaman serius atas latihan tersebut, juga mengatakan bahwa situs web kementerian pertahanan, kementerian luar negeri dan kantor kepresidenan diserang oleh peretas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)