Rusia: Kebijakan AS Memaksa Kekuatan Lain Hidupkan Rencana Perang Nuklir

Kamis, 04 Agustus 2022 - 07:41 WIB
loading...
Rusia: Kebijakan AS Memaksa Kekuatan Lain Hidupkan Rencana Perang Nuklir
Rusia menilai kebijakan yang diberlakukan AS telah memaksa kekuatan dunia yang lain menghidupkan kembali rencana perang nuklir. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Kebijakan yang diberlakukan oleh Amerika Serikat (AS) telah memaksa kekuatan dunia lain untuk menghidupkan kembali rencana perang nuklir mereka. Hal itu disampaikan diplomat senior Rusia , Alexey Drobinin.

Komentar Drobinin, yang menjabat sebagai kepala Departemen Perencanaan Kebijakan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Rusia, menawarkan wawasan tentang pemikiran Moskow saat ini di bidang tersebut.

“Dibangun oleh generasi negosiator, kerangka kerja untuk kontrol senjata dan pelestarian stabilitas strategis sekarang sedang dibongkar atas dorongan AS. Amerika telah menurunkan ambang batas serangan pertama [first-strike] dalam doktrin militer mereka,” tulis Drobinin dalam sebuah artikel untuk majalah Mezhdunarodnaya Zhizn (International Life) yang diterbitkan Rabu (3/8/2022).



“Faktor-faktor ini dan lainnya lagi-lagi membawa skenario konflik paling berbahaya antara kekuatan nuklir, yang penuh dengan konsekuensi bencana, kembali ke pandangan para perencana militer,” lanjut dia.

Namun demikian, kata Drobinin, munculnya tatanan dunia multipolar—di mana Rusia terlibat secara aktif—akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih aman, kecuali jika Barat memilih untuk ikut campur.

"Semua orang akan mendapat manfaat dari multipolaritas dan deglobalisasi—asalkan tidak ada yang mengganggu jalannya fenomena objektif ini,” ujar Drobinin.

“Apa yang sangat penting di sini adalah bagaimana pendirian politik Amerika Utara dan Eropa Barat memilih untuk berperilaku...Kecuali mereka mampu menekan rasa sakit yang mereka rasakan karena kehilangan kekuasaan mereka atas dunia—betapa pun dapat dimengerti rasa sakit itu—dan berhenti 'mengambil pistol' setiap kali diplomasi pasien dilakukan, tren yang mengkhawatirkan tentang semakin pentingnya kekuatan dalam urusan internasional tidak hanya akan bertahan tetapi juga meningkat," imbuh diplomat tersebut.

Pada hari Senin, dalam sebuah surat kepada peserta Konferensi Peninjauan Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir ke-10, Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan bahwa tidak akan ada pemenang dalam perang nuklir, dan itu tidak boleh dibiarkan terjadi.

New START yang penting tetap menjadi satu-satunya perjanjian kontrol senjata utama antara Moskow dan Washington yang masih berlaku.

Pada awal 2021, kesepakatan itu di ambang kedaluwarsa, tetapi akhirnya diselamatkan tak lama setelah pelantikan Joe Biden sebagai presiden AS, ketika Washington akhirnya menyetujui seruan Moskow untuk memperpanjang kesepakatan tanpa prasyarat apa pun.

Saat ini perjanjian New START akan berakhir pada tahun 2026.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)