IAEA: Pembangkit Nuklir Zaporizhzhia Ukraina di Luar Kendali

Kamis, 04 Agustus 2022 - 02:08 WIB
loading...
IAEA: Pembangkit Nuklir Zaporizhzhia Ukraina di Luar Kendali
Sura mendarat di Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia selama serangan pada awal-awal invasi Rusia ke Ukraina. Foto/Japan Times
A A A
NEW YORK - Kepala badan nuklir PBB, IAEA, mengatakan pembangkit nuklir Zaporizhzhia di Ukraina benar-benar di luar kendali. Situs, yang dikuasasi oleh pasukan Rusia sejak awal Maret, adalah pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa.

"Setiap prinsip keselamatan nuklir telah dilanggar," kata Rafael Grossi kepada kantor berita Associated Press yang dikutip BBC, Kamis (4/8/2022).

Grossi mengatakan pada awal pekan ini timnya telah siap untuk mengunjungi pabrik itu selama dua bulan terakhir. Tetapi mereka sejauh ini tidak dapat menjalankan misi.

Rusia merebut pembangkit listrik itu pada hari-hari awal setelah invasi, dan penembakan gedung-gedung di sana oleh pasukan Rusia menyebabkan kecaman internasional.



Pembangkit listrik di Ukraina selatan masih beroperasi, dengan staf Ukraina di bawah kendali Rusia.

"Tetapi kontak IAEA dengan staf di pabrik itu "tidak merata" dan rantai pasokan peralatan dan suku cadang telah terganggu," Grossi menjelaskan kepada Associated Press.

Ia menambahkan Ada juga banyak bahan nuklir di sana yang perlu diperiksa oleh IAEA.

"Orang-orang Zaporizhzhia dan orang-orang yang jauh dari Zaporizhzhia mengandalkan kita semua untuk mencegah perang menyebabkan tragedi nuklir," kata Grossi - yang menjalankan IAEA, yang bekerja dengan negara-negara untuk membantu memastikan penggunaan teknologi nuklir yang aman - kepada sebuah konferensi di New York minggu ini.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)