China Bereaksi Keras saat Ketua DPR AS Nancy Pelosi Mendarat di Taiwan

Rabu, 03 Agustus 2022 - 07:32 WIB
loading...
A A A
China dengan tegas menentang dan mengutuk keras hal ini, dan telah membuat demarche serius dan protes keras ke Amerika Serikat.

Setelah hari-hari ketidakpastian atas kunjungannya, Pelosi akhirnya mendarat di pulau itu pada Selasa malam meskipun ada peringatan berulang dari Beijing terhadap kunjungan tersebut.

Negara pulau, yang dianggap Beijing sebagai bagian integral dari China, tidak terdaftar di antara tujuan resmi tur Asia Ketua DPR, yang meliputi Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang.

Kunjungan tersebut, pertama kalinya dalam 25 tahun seorang Ketua DPR AS melakukan perjalanan ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Langkah tersebut telah mendorong peningkatan tajam dalam kegiatan militer di wilayah tersebut.

Selama akhir pekan, China menggelar latihan militer tembakan langsung di lepas pantai provinsi tenggara Fujian, tepat di seberang selat antara daratan China dan Taiwan.

Latihan lebih lanjut di daerah itu akan berlangsung pekan ini. AS mengerahkan ke wilayah itu armada penyerang kapal induk USS Ronald Reagan yang saat ini berada di barat daya Taiwan di perairan timur Selat Bashi, yang memisahkan pulau itu dan Filipina.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)