Media Pemerintah Xi Jinping: Jet China Bisa Tembakkan Peluru di Depan Pesawat Pelosi

Selasa, 02 Agustus 2022 - 19:06 WIB
loading...
A A A
Fu bersikeras bahwa China memiliki keuntungan militer besar-besaran di daerah itu dan pengawalan militer AS tidak dapat berbuat banyak untuk melindungi Ketua DPR jika terjadi konfrontasi yang sebenarnya.

Sebuah kelompok penyerang Angkatan Laut AS, yang dipimpin oleh kapal induk USS Ronald Reagan, telah terlihat di perairan Filipina tidak jauh dari Taiwan.

Pakar yang berbasis di Taiwan, Chiu Yi, mengatakan bahwa Pelosi kemungkinan akan mencoba mencapai pulau Taiwan dari sisi timurnya di mana kehadiran militer China lebih sedikit.

“Tapi bukankah lucu bahwa tokoh politik nomor tiga di negara nomor satu dunia itu bersembunyi seperti tikus dan sombong tentang hal itu?” tanya Chiu.

Berbicara tentang kemungkinan kunjungan Pelosi ke Taiwan, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian memperingatkan; "Jika Anda bermain api, Anda akan terbakar. Saya percaya AS sepenuhnya menyadari pesan yang kuat dan jelas yang disampaikan oleh China.”

"Jika Pelosi datang ke Taiwan PLA tidak akan tinggal diam dan akan mengambil tindakan balasan yang tegas dan kuat untuk melindungi kedaulatan dan integritas teritorial China, katanya. "Jika dia berani pergi, mari kita tunggu dan lihat," imbuh Zhao.

Taiwan, yang secara resmi menyebut dirinya Republik of China (ROC), telah memiliki pemerintahan sendiri sejak 1949, tetapi tidak pernah secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan dari Beijing.

Meskipun mengakui Beijing sebagai satu-satunya otoritas yang sah di China sejak 1979, AS mempertahankan hubungan tidak resmi yang kuat dengan pulau Taiwan, menjual senjata canggih ke Taipei dan mendukungnya mempertahankan kedaulatan, yang membuat pihak berwenang China tidak senang.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)