Armada Penyerang Kapal Induk AS Diduga Menuju Taiwan

Selasa, 02 Agustus 2022 - 10:24 WIB
loading...
A A A
Pekan lalu, pejabat Amerika Serikat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada AP bahwa militer AS telah mengerjakan "rencana darurat" untuk pasukannya di kawasan Pasifik untuk menciptakan "cincin perlindungan yang tumpang tindih" bagi ketua DPR AS selama kemungkinan penerbangannya ke Taiwan dan dia tinggal di sana, karena kemungkinan insiden yang berkaitan dengan tindakan China.

AP juga mencatat AS memiliki cukup pasukan yang tersebar di sekitar kawasan Pasifik, dan Pentagon pada akhirnya mungkin menggunakannya untuk perlindungan tambahan selama dugaan perjalanan tersebut.

Kantor berita tersebut secara khusus menyebut kapal induk AS USS Ronald Reagan dan armada penyerangnya.

Pelosi mengumumkan pada Minggu bahwa, selain Singapura, dia berencana mengunjungi Malaysia, Korea Selatan dan Jepang sebagai bagian dari tur Asia-nya, dengan Taiwan tidak masuk dalam daftar.

Namun, surat kabar yang dikelola pemerintah China, Global Times, pada Minggu menduga, "Masih mungkin Pelosi ingin melakukan langkah berisiko dan berbahaya dengan mencoba mendarat di bandara Taiwan dengan alasan darurat seperti kerusakan pesawat atau pengisian bahan bakar."

Sumber mengatakan kepada penyiar Taiwan TVBS bahwa Ketua DPR AS dapat mendarat di pulau itu pada Selasa, dengan reservasi untuk delegasinya diduga telah dilakukan di satu hotel bintang lima.

Taiwan telah memiliki pemerintahan sendiri sejak 1949, tetapi tidak pernah secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan dari China.

Beijing menganggapnya sebagai bagian dari wilayahnya di bawah kebijakan Satu China.

Meskipun mengklaim bahwa mereka menghormati kebijakan Satu China, Washington mempertahankan hubungan tidak resmi yang kuat dengan pulau berpenduduk 23,5 juta itu.

AS menjual senjata ke Taipei dan mendukung dorongannya untuk berpisah dengan Beijing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)