Zelensky Desak Warga Ukraina Menyingkir dari Garis Depan Pertempuran Donetsk

Minggu, 31 Juli 2022 - 22:34 WIB
loading...
Zelensky Desak Warga Ukraina Menyingkir dari Garis Depan Pertempuran Donetsk
Zelensky Desak Warga Ukraina Menyingkir dari Garis Depan Pertempuran Donetsk. FOTO/TASS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina mendesak warga sipil untuk meninggalkan wilayah garis depan Donetsk , tempat bentrokan sengit dengan militer Rusia. Permintaan ini datang bersamaan dengan permohonan Kiev yang meminta Palang Merah dan PBB untuk mendapatkan akses ke tentaranya yang ditahan oleh pasukan Moskow.

Zelensky memperingatkan dalam pidato hariannya, bahwa ribuan orang, termasuk anak-anak, masih berada di daerah medan pertempuran di kawasan itu. Menurut Gubernur Donetsk, 6 warga sipil tewas dan 15 terluka pada Jumat (29/7/2022).



"Sudah ada keputusan pemerintah tentang evakuasi wajib dari Donetsk," kata Zelensky, menggarisbawahi seruan pihak berwenang untuk meninggalkan wilayah yang terkepung dalam beberapa pekan terakhir, seperti dikutip dari AFP, Minggu (31/7/2022).

"Pergi, kami akan membantu," kata Zelensky. "Pada tahap perang ini, teror adalah senjata utama Rusia," lanjutnya. Perkiraan resmi Ukraina menyebutkan jumlah warga sipil yang masih tinggal di daerah kosong Donetsk antara 200.000 dan 220.000 jiwa.

Pemberitahuan evakuasi wajib yang diposting Sabtu malam mengatakan, musim dingin yang akan datang membuatnya menjadi masalah yang mendesak, terutama bagi lebih dari 50.000 anak-anak yang masih berada di wilayah tersebut.

"Mereka perlu dievakuasi. Anda tidak dapat menempatkan mereka dalam bahaya mematikan di musim dingin tanpa pemanas, cahaya, tanpa kemampuan untuk menghangatkan mereka," kata Kementerian Reintegrasi Wilayah Pendudukan Sementara Kiev dalam sebuah pernyataan.



Zelensky, dalam sambutannya, juga sekali lagi mendesak masyarakat internasional, khususnya Amerika Serikat, agar Rusia secara resmi dinyatakan sebagai "negara sponsor terorisme".

Seruan itu datang sehari setelah sebuah penjara yang menahan tawanan perang Ukraina di Olenivka yang dikendalikan Kremlin dibom, menyebabkan banyak orang tewas, dengan Kiev dan Moskow dipersalahkan.

Pada hari Sabtu, pejabat hak asasi manusia Ukraina Dmytro Lubinets mengatakan di televisi nasional, dia telah meminta Komite Internasional Palang Merah (ICRC) dan Misi Pemantauan Hak Asasi Manusia PBB untuk pergi ke Olenivka. “ICRC telah mengajukan permintaan tetapi belum memperoleh otorisasi dari Rusia,” katanya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)