Iran Tingkatkan Produksi dan Siap Ekspor Drone Tempur

Minggu, 31 Juli 2022 - 00:06 WIB
loading...
Iran Tingkatkan Produksi dan Siap Ekspor Drone Tempur
Iran Tingkatkan Produksi dan Siap Ekspor Drone Tempur. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Iran telah meningkatkan produksi drone berkemampuan militer. Iran juga dituding memberikan teknologinya kepada kelompok-kelompok militan di Timur Tengah, serta ke negara-negara seperti Venezuela dan Sudan.

Laporan The New York Times mengutip outlet media Iran, citra satelit dan pakar pertahanan Amerika Serikat (AS) untuk menunjukkan bahwa Teheran sedang mencoba untuk meningkatkan pengaruhnya di pasar drone.



Pekan lalu, media pemerintah Iran mengutip kepala militer, Brigadir Jenderal Kioumars Heydari, mengatakan bahwa Teheran “siap untuk mengekspor senjata dan peralatan militer ke negara-negara sahabat,” dan drone-nya sudah “dioperasikan jauh dan melampaui perbatasan kita.”

“Iran semakin menjadi pemain global dalam hal ekspor drone. Fakta bahwa drone yang lebih baru, seperti Mohajer-6 (drone Iran berkemampuan militer dengan jangkauan sekitar 125 mil) sekarang terlihat di tempat-tempat seperti Tanduk Afrika, menunjukkan bahwa negara-negara melihat mereka sebagai pengubah permainan yang potensial,” jelas Seth Frantzman, pakar drone dan analis pertahanan.

Program drone Iran semakin mengkhawatirkan saingan regionalnya. Terlepas dari sanksi, Teheran telah mampu memproduksi berbagai mesin untuk operasi pengawasan dan ofensif, ke titik di mana Israel telah menargetkan dan menyabotase fasilitas produksi pesawat tak berawak Iran.



Meski begitu, Iran dinilai masih tertinggal di belakang orang-orang seperti Turki dalam produksi pesawat tak berawak, dengan Bayraktar TB2 dari Ankara terbukti menentukan di medan perang dari Azerbaijan hingga Ethiopia dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, pada Agustus 2020, embargo PBB atas pembelian dan penjualan senjata oleh Iran berakhir, membuatnya lebih mudah bagi negara itu untuk menjadi pemain yang lebih besar di pasar drone. Pada 21 Juli, Departemen Pertahanan AS mengatakan program drone adalah topik pembicaraan utama pada konferensi keamanan regional baru-baru ini di Qatar.

Sejak pencabutan embargo, pesawat tak berawak Iran telah terlihat di berbagai teater militer, termasuk perang saudara di Ethiopia, di mana Mohajer-6 difilmkan di belakang Perdana Menteri Abiy Ahmed selama kunjungan ke sebuah pangkalan militer, dipersenjatai dengan senjata udara-ke- rudal permukaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)