Menlu AS-Rusia Berbicara Via Telepon Pertama Kali Sejak Februari, Apa yang Dibicarakan?

Sabtu, 30 Juli 2022 - 08:06 WIB
loading...
A A A
Kementerian Luar Negeri Rusia telah mengkonfirmasi percakapan itu dan mengatakan itu diprakarsai oleh AS.

"Mengenai kemungkinan pertukaran warga Rusia dan Amerika Serikat yang dipenjara, pihak Rusia didesak untuk kembali ke mode profesional, tanpa isian informasi spekulatif, dialog dalam mode 'diplomasi diam-diam'," kata Kementerian Luar Negeri Rusia.



Terkait pertukaran tahanan ini, juru bicara Gedung Putih John Kirby memberikan tanggapan.

"Kami sangat berusaha untuk menjaga rincian negosiasi semacam ini serahasia mungkin sehingga kami dapat memberikan ruang sebanyak mungkin bagi para negosiator untuk mencapai kesimpulan yang sukses," ujarnya.

"Kami merasa bahwa dalam konteks apa yang terjadi dalam kasus Brittney Griner dan Paul Whelan, serta apa yang tidak terjadi, bahwa penting untuk menjelaskan kepada publik bahwa, pada kenyataannya, ada tawaran serius yang dibuat oleh pihak Amerika yang belum ditindaklanjuti," pungkasnya.

CNN sebelumnya melaporkan bahwa AS mungkin bersedia untuk menukar bintang olahraga dan mata-mata yang dihukum untuk pedagang senjata Rusia, Viktor Bout, yang dijatuhi hukuman 25 tahun penjara di AS pada tahun 2012 setelah didakwa mempersenjatai kelompok teroris dan bersekongkol untuk membunuh warga negara AS.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)