AS Akui Tak Punya Bukti Rusia Beli Drone dari Iran

Jum'at, 29 Juli 2022 - 22:01 WIB
loading...
AS Akui Tak Punya Bukti Rusia Beli Drone dari Iran
Sejumlah drone terlihat di pangkalan bawah tanah yang dirahasiakan di Iran. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih mengakui Amerika Serikat (AS) tidak memiliki bukti bahwa Rusia membeli drone dari Iran.

Pemerintah AS mencatat tidak ada tanda-tanda pembelian beberapa pekan setelah Gedung Putih mengklaim kesepakatan untuk ratusan drone atau UAV mungkin telah terjadi.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby melunakkan tuduhan selama konferensi pers pada Selasa, menyatakan Gedung Putih belum melihat kesepakatan "yang benar-benar terpengaruh."

“Kami tidak melihat indikasi pengiriman aktual dan/atau pembelian drone Iran oleh Kementerian Pertahanan Rusia,” ungkap Kirby.



Pernyataannya datang lebih dari dua pekan setelah Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan Washington memiliki bukti yang jelas bahwa Iran sedang bersiap mengirimkan "beberapa ratus" drone ke Rusia, "termasuk UAV berkemampuan senjata," dan penjualan akan selesai pada "waktu yang dipercepat.”

Pada saat itu, Sullivan mengatakan pelatihan untuk drone baru akan dimulai dalam beberapa hari. Dia juga mengatakan pengiriman drone mungkin sudah dimulai.

Teheran dengan cepat menolak klaim itu. Iran bersikeras tidak akan memihak dalam konflik antara Rusia dan Ukraina.



Meski demikian, Gedung Putih berlipat ganda mempertahankan tuduhan itu dengan merilis citra satelit yang diduga menunjukkan “kepentingan Rusia yang sedang berlangsung” pada drone Iran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)