AU Amerika Kandangkan Armada Jet Siluman F-35 karena Kursi Pelontar Bermasalah

Sabtu, 30 Juli 2022 - 03:35 WIB
loading...
AU Amerika Kandangkan Armada Jet Siluman F-35 karena Kursi Pelontar Bermasalah
Angkatan Udara Amerika Serikat mengandangkan armada jet tempur siluman F-35 untuk sementara karena ada komponen pada kursi pelontar yang berpotensi rusak. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Angkatan Udara (AU) Amerika Serikat (AS) telah mengandangkan armada jet tempur siluman F-35 untuk sementara. Alasannya, ada komponen yang berpotensi rusak di kursi pelontar yang dapat membahayakan pilot dalam keadaan darurat.

Masalah yang sama juga menyebabkan jenis pesawat militer lain yang digunakan dalam pelatihan dikandangkan untuk sementara.

Masalah tersebut melibatkan bahan peledak yang digunakan di dalam kursi pelontar untuk membantu mendorong kursi dari pesawat selama keadaan darurat. Demikian disampaikan Alexi Worley, juru bicara Komando Tempur Udara (ACC) Angkatan Udara Amerika dalam sebuah pernyataan hari Jumat.

Baca juga: AS Jual 35 Jet Tempur Siluman F-35 ke Jerman, Bisa untuk Mengebom Nuklir

Worley mengatakan pesawat yang terkena dampak adalah yang memiliki kursi pelontar buatan Martin-Baker Aircraft Company Ltd.

Perusahaan tersebut tidak segera menanggapi permintaan untuk komentar.

“Pada 19 Juli, kami memulai Petunjuk Teknis Kepatuhan Waktu untuk memeriksa semua kartrid di kursi pelontar dalam waktu 90 hari," kata Worley dalam pernyataannya.

“Karena sangat berhati-hati, unit Komando Tempur Udara akan melakukan stand-down pada 29 Juli untuk mempercepat proses inspeksi," lanjut Worley, seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (30/7/2022).

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari inspeksi tersebut, ACC akan memutuskan untuk melanjutkan operasi.

Ini adalah perkembangan terbaru dalam masalah yang ditemukan di seluruh dinas militer dan di berbagai jenis pesawat yang memiliki kursi pelontar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1727 seconds (11.252#12.26)