5 Peluru Paling Mematikan di Dunia, Nomor 3 Punya Kecepatan Tertinggi

Jum'at, 29 Juli 2022 - 17:23 WIB
loading...
5 Peluru Paling Mematikan di Dunia, Nomor 3 Punya Kecepatan Tertinggi
Peluru flechette memiliki kecepatan tinggi dan mematikan yang bergerak lurus. Foto/wolf hill ammo
A A A
WASHINGTON - Terdapat lima peluru paling mematikan di dunia yang perlu diwaspadai. Karena tanpa adanya peluru, senjata api hanyalah wadah kosong yang tak bisa digunakan.

Melansir dari The New York Times, studi yang diterbitkan di JAMA Network Open telah meneliti jenis senjata yang digunakan dalam setiap penembakan fatal dan tidak fatal di kota.

Ditemukan bahwa ukuran peluru mempengaruhi korban tembakan dari yang masih bisa hidup hingga menyebabkan kematian.

Sebesar 43% kematian disebabkan oleh peluru berkaliber besar. Disusul 40% peluru ukuran kaliber kecil dan terakhir 9% peluru dengan kaliber sedang.

Berikut 5 peluru paling mematikan di dunia melansir dari The National Interest.

1. Peluru Dum Dum

Peluru paling mematikan di dunia yang pertama ini dikembangkan untuk digunakan oleh pasukan Inggris di perbatasan barat laut India pada tahun 1890-an. Desain peluru ini dibuat oleh Dum Dum Arsenal, yang terletak di luar Calcutta.

5 Peluru Paling Mematikan di Dunia, Nomor 3 Punya Kecepatan Tertinggi


Dum dum terdiri dari peluru timah dibungkus tembaga biasa dengan timah terbuka pada ujungnya. Deklarasi Den Haag 1899 tentang Perluasan Peluru adalah upaya untuk melarang peluru tipe dum dum untuk digunakan dalam konflik militer dengan alasan mereka menyebabkan luka yang sangat parah.

Suatu tes menyebutkan peluru ini tidak semematikan peluru Jacketed Hollow Point. Peluru Dum dum dilaporkan digunakan oleh Tentara ke-27 Tentara Pembebasan Rakyat terhadap warga sipil selama pembantaian Lapangan Tiananmen 1989.

2. Peluru Jacketed Hollow Point

Evolusi dari peluru dum dum ini berlapiskan tembaga dan terdapat lubang pada ujungnya yang memperlihatkan inti timah.

5 Peluru Paling Mematikan di Dunia, Nomor 3 Punya Kecepatan Tertinggi


Jika peluru ini mengenai target maka ujung peluru akan memuai dan menjadi semakin besar sehingga menciptakan luka yang lebih parah.

Selain untuk ekspansi, beberapa titik berongga ini juga dirancang untuk terfragmentasi dan menyebabkan beberapa saluran luka dan bahkan kerusakan fisik yang sangat parah.

Peluru Jacketed Hollow Point ini jauh lebih mematikan daripada amunisi peluru biasa.

3. Gyrojet 13 Mm

Selama akhir 1960-an sekelompok kecil insinyur senjata mengembangkan putaran gyrojet 13mm, peluru bertenaga roket besar.

5 Peluru Paling Mematikan di Dunia, Nomor 3 Punya Kecepatan Tertinggi


Putaran Gyrojet memiliki titik yang memicu empat pendorong roket miring, mengirimkan seluruh proyektil pada target.

Putaran mencapai 25 % lebih besar daripada peluru 7,62x51 dan memiliki kecepatan tertinggi 1.250 kaki per detik.

Tidak seperti peluru tradisional yang meninggalkan larasnya pada kecepatan maksimum dan kemudian secara bertahap kehilangan kecepatan.

Gyrojet meninggalkan larasnya pada kecepatan sangat lambat dan membutuhkan jarak 15 kaki untuk mencapai kecepatan maksimum.

Pistol Gyrojet dilaporkan diuji oleh Komando Bantuan Militer Angkatan Darat AS Vietnam Studies and Observation Group (MACV-SOG) tetapi tidak diproduksi secara luas.

4. Peluru Flechette Rounds

Selama Perang Vietnam, militer Amerika Serikat (AS) mengeluarkan peluru anti-personil 90 dan 105mm yang berbentuk anak panah kecil ke awak tank dan merupakan pembunuh personil tank.

5 Peluru Paling Mematikan di Dunia, Nomor 3 Punya Kecepatan Tertinggi


Setelah ditembakkan, peluru "flechette" akan memiliki kecepatan tinggi dan mematikan yang bergerak lurus. Peluru ini sangat efektif ketika melawan manusia yang bergerombol.

Special Purpose Individual Weapon (SPIW) pada pertengahan 1960-an melakukan pengujian senapan eksperimental M19 dengan peluru flechette XM645.

XM645 adalah jarum baja 0,070 inci yang dilapisi dengan sabot fiberglass, seperti peluru anti-tank energi kinetik modern. Flechette distabilkan dengan sirip, membuatnya sangat akurat.

5. Amunisi +P

Amunisi +P merupakan amunisi biasa yang dibuat lebih mematikan dengan meningkatkan tekanan ruang. Biasanya, peluru ditembakkan dengan membakar bubuk mesiu.

5 Peluru Paling Mematikan di Dunia, Nomor 3 Punya Kecepatan Tertinggi


Pembakaran bubuk mesiu dengan cepat meningkatkan tekanan di dalam senjata api, mengirimkan peluru keluar dari laras dengan kecepatan ratusan bahkan ribuan kaki per detik.

Senjata api 9mm normal biasanya memiliki tekanan ruang maksimum 35.000 pon per inci persegi (psi).

Dengan menggunakan amunisi +P bubuk mesiu yang lebih kuat dan lebih kuat, meningkatkan tekanan ruang untuk senjata api 9mm hingga 38.500 psi dengan peningkatan sebesar 10%.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0704 seconds (0.1#10.140)