Sempat Kabur, Rajapaksa Dikabarkan Bakal Kembali ke Sri Lanka

Kamis, 28 Juli 2022 - 02:07 WIB
loading...
Sempat Kabur, Rajapaksa Dikabarkan Bakal Kembali ke Sri Lanka
Mantan presiden Sri Lanka yang kabur, Gotabaya Rajapaksa, dikabarkan akan kembali ke negara itu. Foto/Outlook India
A A A
KOLOMBO - Mantan presiden Sri Lanka yang melarikan diri, Gotabaya Rajapaksa , diperkirakan akan kembali ke negara itu dari Singapura . Hal itu diungkapkan seorang anggota parlemen Sri Lanka.

Juru bicara kabinet Bandula Gunawardena mengatakan kepada wartawan bahwa Rajapaksa tidak bersembunyi tetapi tanggal kepulangannya tidak diketahui.

"Setahu saya dia diharapkan untuk kembali," ujarnya seperti dikutip dari BBC, Kamis (28/7/2022).

Gotabaya Rajapaksa melarikan diri dari Sri Lanka setelah kerusuhan massal atas krisis ekonomi. Pengunjuk rasa menyalahkannya atas kesalahan dalam mengurus keuangan negara yang menyebabkan melonjaknya harga barang-barang.

Baca juga: Pekan Depan, Kantor Kepresidenan Sri Lanka Kembali Dibuka

Rajapaksa meninggalkan Sri Lanka pada 13 Juli menuju Maladewa, sebelum menuju Singapura pada 14 Juli. Ia kemudian mengajukan pengunduran dirinya tak lama setelah kedatangannya, yang secara resmi diterima oleh kabinet Sri Lanka pada 15 Juli.

Mantan presiden Sri Lanka itu bepergian dengan istri dan dua pengawalnya. Ia tidak lagi memiliki kekebalan hukum sebagai kepala negara.

Singapura mengatakan presiden yang digulingkan itu tidak meminta suaka politik ketika dia tiba.

Rajapaksa awalnya diberikan visa 14 hari untuk tinggal di Singapura. Tapi itu sekarang telah diperpanjang 14 hari lagi, media lokal Singapura melaporkan pada hari Rabu.

Spekulasi sejak itu berputar tentang kemungkinan rencananya, dengan beberapa menyarankan dia mungkin pindah ke Uni Emirat Arab.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1411 seconds (11.210#12.26)