Jika Sambangi Taiwan, Jet Tempur dan Kapal Perang Siap Lindungi Ketua DPR AS

Rabu, 27 Juli 2022 - 23:06 WIB
loading...
A A A
Ditanya tentang langkah-langkah militer yang direncanakan untuk melindungi Pelosi, Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley mengatakan bahwa diskusi tentang itu masih prematur.

"Jika ada keputusan yang dibuat bahwa Ketua DPR Pelosi atau siapa pun akan bepergian dan mereka meminta dukungan militer, kami akan melakukan apa yang diperlukan untuk memastikan keamanan kunjungan mereka. Dan saya akan membiarkannya begitu saja,” ia menambahkan.

Laporan itu muncul di tengah peringatan berulang-ulang dari China agar Pelosi tidak mengunjungi pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu, yang dipandang sebagai bagian dari China.

Terbaru, Kementerian Luar Negeri China menolak untuk mengomentari panggilan telepon kepresidenan. Namun, juru bicara Zhao Lijian mengulangi peringatan China atas kunjungan Pelosi.

“Jika AS bersikeras untuk menempuh jalannya sendiri dan menantang garis bawah China, itu pasti akan disambut dengan tanggapan yang kuat,” kata Zhao kepada wartawan pada briefing harian.

“Semua konsekuensi berikutnya akan ditanggung oleh AS,” tegasnya.



Pelosi seharusnya mengunjungi Taiwan pada April lalu, namun terpaksa dibatalkan setelah dinyatakan positif COVID-19. Sejak itu ia belum mengonfirmasi rencana terbaru untuk perjalanan ke Taiwan.

Namun Financial Times melaporkan bahwa ia akan mengunjungi Taiwan dalam perjalanan tentatif pada Agustus mendatang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)