Jika Sambangi Taiwan, Jet Tempur dan Kapal Perang Siap Lindungi Ketua DPR AS

Rabu, 27 Juli 2022 - 23:06 WIB
loading...
Jika Sambangi Taiwan, Jet Tempur dan Kapal Perang Siap Lindungi Ketua DPR AS
Pentagon siap kerahkan jet tempur dan kapal perang untuk melindungi Ketua DPR AS Nancy Pelosi jika mengunjungi Taiwan. Foto/The Conversation
A A A
WASHINGTON - Pentagon dilaporkan siap mengerahkan jet tempur hingga kapal perang untuk melindungi Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi jika ia mengunjungi Taiwan . Kabar itu muncul di tengah ancaman China untuk mengambil tindakan militer jika Pelosi menyambangi Taiwan.

Adalah The Associated Press yang menurunkan laporan ini pada Rabu (27/7/2022).

Dalam laporannya AP, mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya, menyatakan Pentagon sedang mengembangkan rencana untuk segala kemungkinan meski rencana Pelosi pergi ke Taiwan belum dapat dipastikan.

"Militer akan meningkatkan pergerakan pasukan dan asetnya di kawasan Indo-Pasifik. Mereka menolak untuk memberikan rincian, tetapi mengatakan bahwa jet tempur, kapal, aset pengawasan dan sistem militer lainnya kemungkinan akan digunakan untuk memberikan perlindungan yang berlapis untuk penerbangannya ke Taiwan dan kapan saja," tulis AP.

Setiap perjalanan ke luar negeri oleh seorang pemimpin senior AS memerlukan keamanan tambahan. Tetapi para pejabat minggu ini mengatakan bahwa kunjungan Pelosi ke Taiwan - dia akan menjadi pejabat terpilih AS dengan peringkat tertinggi untuk mengunjungi Taiwan sejak 1997 - akan melampaui tindakan pencegahan keamanan biasa untuk perjalanan ke tujuan yang kurang berisiko.



Para pejabat AS mengatakan bahwa prospek pencegatan atau unjuk kekuatan oleh pesawat China di dekat penerbangan Pelosi menimbulkan kekhawatiran, mendorong perlunya pesawat Amerika dan aset lainnya berada di dekatnya.

Kapal induk AS USS Ronald Reagan dan kelompok tempurnya saat ini beroperasi di Pasifik barat, dan melakukan kunjungan pelabuhan di Singapura selama akhir pekan. Kelompok tempur ini melibatkan setidaknya dua kapal Angkatan Laut lainnya dan Carrier Air Wing 5, yang meliputi jet tempur F/A-18, helikopter dan pesawat pengintai.



Sebelum ditarik ke pelabuhan di Singapura, kelompok tempur itu beroperasi di Laut Cina Selatan. Selain itu, kapal Angkatan Laut lainnya, USS Benfold, sebuah kapal perusak, telah melakukan operasi kebebasan navigasi di wilayah tersebut, termasuk melewati Selat Taiwan pekan lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)