China Ancam Respons Militer Soal Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan

Senin, 25 Juli 2022 - 17:34 WIB
loading...
China Ancam Respons Militer Soal Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan
Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China dilaporkan telah meningkatkan pertaruhannya dengan Washington atas rencana perjalanan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan.

Beijing mengancam akan menanggapi secara militer jika tokoh Partai Demokrat California itu melanjutkan rencana kunjungan tersebut.

Peringatan terbaru dikeluarkan secara pribadi kepada anggota pemerintahan Presiden AS Joe Biden, dilansir Financial Times (FT) pada Minggu (24/7/2022).

Baca juga: Moskow Ungkap Rencana Licik Ukraina Membajak Jet Tempur Rusia

FT mengutip enam orang sumber yang mengetahui masalah tersebut. Pernyataan itu secara signifikan lebih kuat daripada peringatan yang diberikan pejabat China di masa lalu atas tindakan kontroversial AS atau keputusan kebijakan terkait Taiwan.

Pelosi dilaporkan dijadwalkan mengunjungi Taipei bulan depan, yang akan menjadi perjalanan pertama oleh seorang ketua DPR ke Taiwan yang memisahkan diri dari daratan China sejak 1997.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China Zhao Lijian mengatakan Selasa lalu bahwa perjalanan Pelosi akan berdampak besar pada hubungan AS-China.

Baca juga: Pejabat AS Ketakutan dengan Perang Biologis Lewat DNA

“Jika AS bersikeras mengambil jalan yang salah, China akan mengambil langkah tegas dan kuat untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorialnya. Semua konsekuensi berikutnya akan ditanggung oleh pihak AS,” ujar Zhao.

Pejabat China juga berpendapat kunjungan ke Taipei oleh perwakilan tingkat tinggi, seperti ketua DPR AS Pelosi akan melanggar kebijakan “Satu China” oleh AS.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2142 seconds (11.97#12.26)