WHO Tetapkan Cacar Monyet sebagai Darurat Global, 75 Negara Terjangkit

Minggu, 24 Juli 2022 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Kasus Eropa pertama terjadi hampir secara eksklusif pada pria gay dan biseksual, dengan pejabat kesehatan mencatat bahwa lesi muncul pada alat kelamin pasien.

Meskipun tidak jelas apakah wabah saat ini menyebar hanya melalui kontak seksual, Tedros menyatakan, “Ini adalah wabah yang terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang memiliki banyak pasangan seksual.”

Tedros meminta kelompok-kelompok yang mewakili laki-laki gay untuk "mengadopsi langkah-langkah yang melindungi kesehatan, hak asasi manusia dan martabat masyarakat yang terkena dampak."

Meskipun demikian, kepala WHO berhenti menyerukan para pria ini untuk menjauhkan diri dari aktivitas seksual.

Vaksin gabungan untuk cacar biasa dan cacar monyet sedang diproduksi, dan telah didistribusikan di kota-kota besar di Amerika Serikat (AS), Inggris, dan beberapa negara Eropa.

Meskipun beberapa jenis cacar monyet di Afrika dapat membunuh 3-6% dari mereka yang terinfeksi, wabah saat ini tampak jauh lebih ringan.

Menurut Tedros, sejauh ini penyakit tersebut hanya membunuh lima orang di seluruh dunia.

Sehari sebelum pertemuan WHO, AS mencatat kasus pertamanya yang melibatkan anak-anak. “Kedua kasus dilacak kembali ke individu yang berasal dari ... komunitas pria gay," ungkap Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Rochelle Walensky mengatakan kepada Washington Post.

Meskipun demikian, dia tidak mengklarifikasi apakah anak-anak ini tertular penyakit secara seksual atau non-seksual, misalnya melalui kontak dengan pakaian pasien.

Sebanyak lima anak di Eropa juga telah terinfeksi cacar monyet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2939 seconds (0.1#10.140)