Kapal Induk Nuklir AS Berlabuh di Tetangga Indonesia, Ada Apa?

Sabtu, 23 Juli 2022 - 10:48 WIB
loading...
A A A
Del Toro juga mengatakan bahwa tujuannya mengunjungi Republik Singapura ada dua. "Pertama, untuk berterima kasih kepada Singapura karena menjadi tuan rumah bagi pasukan AS yang bergilir seperti kapal tempur pesisir, USS Charleston, tetapi (kedua) juga...untuk belajar tentang bagaimana (Singapura melihat) wilayah dan mengidentifikasi tantangan yang dapat kita kerjakan bersama," paparnya.

Kunjungan Del Toro ke Pangkalan Angkatan Laut Changi adalah bagian dari kunjungan perkenalan tiga hari ke Singapura, yang berakhir pada 23 Juli.

Menurut pernyataan dari Kementerian Pertahanan (Mindef) Singapura pada hari Jumat, dia telah menghubungi Menteri Pertahanan Ng Eng Hen di markas Mindef di Bukit Gombak pada Jumat sore.

Mindef menambahkan bahwa kedua pejabat itu menegaskan kembali hubungan pertahanan bilateral yang sangat baik dan sudah berlangsung lama antara Singapura dan AS, serta kerja sama yang erat antara kedua militer.

Del Toro akan berangkat dari Singapura ke Thailand dan Filipina untuk membahas bagaimana meningkatkan kerjasama antara AS dan kedua negara.

"Aliansi keamanan kami dengan Singapura dan dengan kedua negara ini sangat ketat," ujarnya.

Del Toro berada di Hawaii minggu lalu untuk mengamati Latihan Lingkar Pasifik tahun ini, yang melibatkan 26 negara.

Berlabuhnya USS Ronald Reagan di Singapura terjadi di tengah ketegangan yang sedang berlangsung di Laut China Selatan, di mana kapal-kapal perang AS secara rutin berpatrolu untuk menjaga kebebasan navigasi. Kawasan itu menjadi sengketa antara China dan beberapa negara Asia.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)