Kapal Induk Nuklir AS Berlabuh di Tetangga Indonesia, Ada Apa?

Sabtu, 23 Juli 2022 - 10:48 WIB
loading...
Kapal Induk Nuklir AS Berlabuh di Tetangga Indonesia, Ada Apa?
USS Ronald Reagan, kapal induk bertenaga nuklir AS, berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut Changi, Singapura. Foto/Straits Times/Alphonsus Chern
A A A
SINGAPURA - Kapal induk bertenaga nuklir USS Ronald Reagan milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut Changi, Singapura, Jumat.

Kehadirannya di wilayah tetangga Indonesia tersebut merupakan yang pertama kali sejak 2019.

Mengutip laporan dari Straits Times, Sabtu (23/7/2022), kehadiran USS Ronald Reagan adalah kunjungan pelabuhan rutin selama beberapa hari untuk mengisi kembali persediaan dan memungkinkan mereka yang ada di kapal untuk beristirahat di darat.

Ini adalah pertama kalinya dalam sebulan kapal itu berlabuh sejak kunjungan terakhirnya di Guam, wilayah AS di Pasifik, pada Juni.

Selama sambutan singkat kepada wartawan di atas kapal, Sekretaris Angkatan Laut AS Carlos Del Toro memberikan penghormatan kepada hubungan AS-Singapura yang kuat.

Baca juga: Terhempas dari Kapal Induk AS, Jet Tempur Super Hornet Jatuh ke Laut

"Saya sangat berterima kasih kepada Singapura atas sejarah panjang hubungan persahabatan yang kita miliki...sehingga kedua negara kita dapat makmur secara ekonomi, sebagai dua negara demokrasi yang merdeka dan merdeka," katanya.

USS Ronald Reagan telah dikerahkan untuk berpatroli di kawasan Asia-Pasifik sebagai bagian dari operasi rutin Armada Ketujuh AS di kawasan itu sejak 21 Mei.

Seorang juru bicara kapal menolak untuk mengungkapkan berapa lama USS Ronald Reagan dan awaknya akan tinggal di Singapura, dengan alasan keamanan operasional.

Kapal kelas Nimitz tersebut, yang dapat membawa lebih dari 5.000 personel dan sekitar 100 pesawat, telah melakukan home-porting di Yokosuka, Jepang, sejak 2015.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1437 seconds (10.177#12.26)