Intip Kisaran Gaji yang Dimiliki Seorang Agen CIA

Rabu, 20 Juli 2022 - 17:50 WIB
loading...
Intip Kisaran Gaji yang Dimiliki Seorang Agen CIA
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - CIA atau Central Intelligence Agency merupakan badan intelijen asing milik pemerintah Amerika Serikat (AS). Pada tugasnya sendiri, CIA mengumpulkan, memproses, dan menganalisa informasi keamanan nasional dari seluruh dunia. Pencarian informasi ini umumnya dilakukan menggunakan human intelligence (HUMINT) dan melakukannya secara rahasia.

Sebagian orang mungkin menganggap hanya orang terpilih yang bisa bekerja di CIA. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena CIA sendiri diketahui kerap membuka kesempatan bergabung bagi yang berminat.

Dikutip dari situs All Criminal Justice School, agen CIA mungkin akan cocok dengan orang cerdas, energik, dan berdedikasi. Namun, perlu diketahui bahwa pekerjaan ini juga berpotensi berbahaya.



Untuk jalur karirnya sendiri, CIA memiliki beberapa diantaranya seperti bidang investigasi, technical engineering, keamanan, language opportunities, analytical opportunities, hingga support services. Untuk masuk ke bidang yang diinginkan, setidaknya pelamar harus memiliki gelar yang relevan dengan bidang tersebut.

Pada posisi entry-level, CIA mensyaratkan minimal gelar sarjana. Selain itu, dipertimbangkan juga beberapa pengetahuan termasuk criminal justice, engineering, matematika, sains, hingga ilmu akuntansi.

Proses perekrutan agen CIA cukup panjang dan kompetitif. Pelamar juga diharuskan mengambil tes poligraf. Selain itu, CIA juga menyukai kandidat yang fasih berbahasa asing seperti Arab, Farsi, dan Urdu.

Kemudian, untuk menjadi agen CIA, pelamar harus menjadi warga negara Amerika Serikat. Untuk usianya tidak lebih dari 35 tahun. Apabila sudah menikah, pasangan pelamar juga harus menjadi warga AS.



Lantas, berapakah gaji agen Central Intelligence Agency (CIA) ini?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)