Kunjungi Perbatasan, PM Israel Lemparkan Ancaman pada Hizbullah

Rabu, 20 Juli 2022 - 13:20 WIB
loading...
Kunjungi Perbatasan, PM Israel Lemparkan Ancaman pada Hizbullah
Kunjungi Perbatasan, PM Israel Lemparkan Ancaman pada Hizbullah. FOTO/Reuters
A A A
YERUSALEM - Perdana Menteri baru Israel , Yair Lapid, melakukan kunjungan mendadak ke perbatasan dengan Lebanon pada Selasa (19/7/2022). Ia mengancam akan melepaskan tanggapan militer yang keras terhadap apa yang ia gambarkan sebagai agresi "tidak dapat diterima" oleh kelompok militan Hizbullah Lebanon.

Kunjungan itu dilakukan pada saat ketegangan meningkat dengan Hizbullah, kelompok bersenjata yang memerangi Israel selama perang selama sebulan pada 2006.



Di awal pekan ini, Israel mengaku telah mencegat sebuah pesawat tak berawak yang melintas dari wilayah Lebanon. Pekan lalu, pemimpin Hizbullah mengancam Israel dengan eskalasi militer jika perselisihan mengenai perbatasan laut tidak diselesaikan dengan menguntungkan Lebanon.

“Israel siap untuk bertindak melawan ancaman apa pun,” kata Yair Lapid, yang mengambil alih posisi Perdana Menteri sementara Israel pada 1 Juli.

“Kami tidak tertarik pada eskalasi tetapi agresi Hizbullah tidak dapat diterima dan bertanggung jawab untuk memimpin seluruh kawasan ke dalam eskalasi yang tidak perlu,” lanjutnya, seperti dikutip dari AP. Lapid bergabung dengan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz dan pejabat tinggi militer saat dia mengunjungi daerah itu.

Selama ini, Israel menganggap Hizbullah sebagai ancaman langsung paling serius, memperkirakan kelompok yang didukung Iran itu memiliki sekitar 150.000 roket dan rudal yang ditujukan ke Israel.



Awal bulan ini, militer Israel mengatakan mereka menembak jatuh tiga pesawat tak berawak yang diluncurkan oleh Hizbullah menuju daerah di mana platform gas Israel baru-baru ini dipasang di Laut Mediterania.

Hizbullah mengkonfirmasi telah meluncurkan tiga pesawat tak berawak ke arah wilayah laut yang disengketakan. Peluncuran pesawat tak berawak itu tampaknya merupakan upaya Hizbullah untuk mempengaruhi negosiasi yang ditengahi AS antara Israel dan Lebanon mengenai perbatasan laut mereka, sebuah wilayah yang kaya akan gas alam.

Pekan lalu, pemimpin Hizbullah, mengatakan, Lebanon harus dapat mengekstraksi minyak dan gas di perairan Lebanon dan memperingatkan bahwa pengiriman pesawat tak berawak adalah "awal yang sederhana ke arah situasi yang mungkin terjadi."
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)