Profil Johann Adam Weishaupt, Pendiri Kelompok Rahasia Illuminati

Rabu, 13 Juli 2022 - 16:12 WIB
loading...
Profil Johann Adam Weishaupt, Pendiri Kelompok Rahasia Illuminati
Johann Adam Weishaupt merupakan pendiri Illuminati. Foto/abc
A A A
BERLIN - Illuminati merupakan kata jamak dari bahasa Latin illuminatus yang artinya “tercerahkan”. Nama itu diberikan kepada beberapa kelompok, baik nyata maupun fiktif.

Secara historis, nama tersebut biasanya mengacu pada Bavarian Illuminati, perkumpulan rahasia era Pencerahan yang didirikan pada 1 Mei 1776 di Bavaria, sekarang bagian dari Jerman.

Tujuan kelompok itu adalah untuk menentang takhayul, obskurantisme, pengaruh agama atas kehidupan publik dan penyalahgunaan kekuasaan negara.



"Tatanan hari ini, adalah untuk mengakhiri intrik para pemasok ketidakadilan, untuk mengendalikan mereka tanpa mendominasi mereka," tulis mereka dalam statuta umum mereka.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, siapa sosok di balik berdirinya organisasi ini?

Sosok tersebut rupanya adalah Adam Weishaupt. Ia adalah seorang filsuf Jerman kelahiran 6 Februari 1748 dan memiliki nama lengkap Johann Adam Weishaupt.



Sejak kecil, Adam dikenal sebagai pribadi yang cerdas dan sangat ambisius. Semangatnya dalam belajar dan berdiskusi sangat terlihat jelas di kalangan rekan-rekan dan para gurunya.

Sayangnya, tak banyak sumber yang mampu memberikan gambaran mengenai kehidupan awal Adam. Namun, satu hal yang diketahui, pemikiran kritis Adam juga masuk ke dalam ranah agama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)