Gelombang Panas Landa Lusinan Kota di China, Es Krim Laris Manis

Rabu, 13 Juli 2022 - 11:28 WIB
loading...
Gelombang Panas Landa Lusinan Kota di China, Es Krim Laris Manis
Gelombang Panas Landa Lusinan Kota di China, Es Krim Laris Manis. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Ibu kota komersial China , Shanghai, termasuk di antara lusinan kota yang ‘membara’ akibat suhu terik. Cuaca panas yang tidak biasa membuat jalan melengkung, genteng pecah, dan mendorong orang untuk mencari kesejukan di tempat perlindungan serangan bawah tanah.

Pada Selasa (12/7/2022) sore, setidaknya 86 kota telah mengeluarkan peringatan merah, yang tertinggi dalam sistem peringatan tiga tingkat, peringatan suhu lebih dari 40 derajat Celcius dalam 24 jam ke depan. Konstruksi dan pekerjaan luar ruangan lainnya harus dihentikan.



Shanghai, yang masih memerangi wabah COVID-19 sporadis, memperingatkan 25 juta penduduknya untuk bersiap menghadapi cuaca panas minggu ini. Sejak pencatatan dimulai pada tahun 1873, Shanghai hanya memiliki waktu 15 hari dengan suhu di atas 40 derajat Celcius.

Vendor melaporkan lonjakan penjualan es krim, melon, dan udang karang yang didinginkan dalam minuman keras, hidangan musim panas yang populer. Di taman margasatwa Shanghai yang luas, delapan ton es digunakan setiap hari untuk membuat singa, panda, dan hewan lainnya tetap sejuk.

Sebuah foto yang dibagikan secara luas di media sosial menunjukkan seorang penguji COVID-19 dalam setelan hazmat, seluruh tubuh memeluk balok es setinggi 1 meter di tepi jalan.

“Tahun ini, cuaca panas datang sedikit lebih awal dari sebelumnya,” kata Zhu Daren, seorang warga Shanghai, saat putranya yang berusia lima tahun bermain di air mancur.



"Meskipun baru bulan Juli, saya merasa (cuaca hangat) sudah mencapai titik puncaknya. Pada dasarnya, Anda perlu menyalakan AC ketika Anda sampai di rumah dan memakai tabir surya ketika Anda keluar," lanjutnya, seperti dikutip dari Reuters.

Musim panas yang kontras di China tahun ini telah membawa malapetaka dari gelombang panas dan hujan lebat juga demikian. Pihak berwenang yang mengutip perubahan iklim telah memperingatkan potensi bencana cuaca mulai pertengahan Juli, biasanya waktu terpanas dan terbasah tahun ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)