Agama Warga Negara Ukraina dan Persentasenya

Selasa, 12 Juli 2022 - 15:10 WIB
loading...
Agama Warga Negara Ukraina dan Persentasenya
Jemaat Gereja Ortodoks menggelar pertemuan di gereja di Kiev, Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Ukraina masih menjadi perbincangan utama dunia. Pasalnya sejak 24 Februari 2022, Rusia menginvasi Ukraina dan hingga kini belum ada tanda-tanda akan berakhir.

Sebagai bekas bagian Uni Soviet, agama dominan yang dianut warga negara Ukraina adalah Ortodoksi Timur.

Selain itu, ada pula agama Katolik Timur, Protestan, Islam, dan lainnya. Berikut agama warga negara Ukraina dan persentasenya.

1. Ortodoksi Timur (65,4%)

Pada 988 Masehi, Vladimir I, pangeran pagan Novgorod, serta pangeran Kiev bergabung dengan Ortodoksi Timur.

Setelah itu, sering terjadi pembaptisan massal serta penghancuran kuil-kuil di Kiev. Sejak saat itu, Ukraina menjadi negara dengan mayoritas Ortodoks.

Salah satu pencapaian terbesar Ortodoks adalah mengonversi kitab suci agama ke dalam bahasa Slavia yang membuatnya lebih mudah diakses oleh orang-orang Ukraina.

Pada 1917, Ukraina berada di bawah kekuasaan Uni Soviet. Selama periode pemerintahan Uni Soviet hingga keruntuhannya pada 1991, Uni Soviet mempromosikan ateisme.

2. Tidak Beragama (16,3%)

Uni Soviet ingin menghilangkan agama dari masyarakat serta menggantinya dengan ateisme. Hal ini lantaran pengalaman negatif Uni Soviet dengan Gereja Ortodoks Rusia yang terkait dengan Kekaisaran Rusia.

Sebagai negara komunis, Uni Soviet memaksakan ateisme pada masyarakat serta menghilangkan segala jenis aktivitas keagamaan. Sejak Uni Soviet runtuh, aktivitas beragama mulai kembali bangkit di Ukraina.

3. Katolik Timur (6%)

Gereja Katolik Timur di Ukraina berawal dari Persatuan Brest-Litovsk pada 1596. Beberapa uskup Ortodoks Timur di Ukraina kembali membangun persatuan dengan Gereja Katolik Roma serta Paus.

Ketika Ukraina merdeka, Gereja Katolik Timur mendapat kembali popularitasnya, terutama di bagian timur Ukraina. Ciri khas dari Katolik Ukraina adalah dominasi Katolik Yunani alias Katolik ritus Latin.

4. Protestan (1,9%)

Protestanisme pertama kali masuk ke Ukraina usai reformasi di kota Volodymyr-Volynsk oleh Anabaptis.

Bentuk Protestanisme ini juga pernah ditindas di bawah pemerintahan Uni Soviet, namun sejak Ukraina merdeka kembali dibangun Protestanisme.

Bentuk Protestan yang ada di Ukraina meliputi Lutheran, Pentakosta, Presbiterian, dan Advent Hari Ketujuh.

5. Islam (1,1%)

Jauh sebelum Ortodoksi Timur masuk ke Ukraina, agama Islam telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakatnya.

Sebagian besar umat Islam menempati wilayah selatan negara tersebut, di Semenanjung Krimea yang menjorok ke Laut Hitam. Suku Tartar di Krimea merupakan penganut Islam Sunni.

(sya)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0959 seconds (10.177#12.26)