Eks Mata-mata Arab Saudi Sebut Pangeran Mohammed bin Salman Psikopat

Selasa, 12 Juli 2022 - 14:19 WIB
loading...
A A A
Saad mengatakan sebelum pembunuhan Khashoggi diketahui publik, dia menerima peringatan. Seorang teman di dinas intelijen Timur Tengah mengatakan tim pembunuh lainnya sedang menuju Saad di Kanada.

"Dan peringatan yang saya terima, jangan berada di dekat misi Saudi mana pun di Kanada. Jangan pergi ke konsulat. Jangan pergi ke kedutaan. Saya bilang kenapa? Katanya, mereka memutilasi orang itu, mereka membunuhnya. Anda berada di bagian atas daftar," kata Saad Al-Jabri.

Saad mengatakan tim enam orang mendarat di Bandara Ottawa pada pertengahan Oktober 2018. Dia mengatakan, anggota tim berbohong kepada kebiasaan tentang mengenal satu sama lain dan mereka membawa peralatan yang mencurigakan untuk analisis DNA. Tim tersebut dideportasi.

Pemerintah Kanada mengonfirmasi setidaknya sebagian dari cerita Saad Al-Jabri, dengan mengatakan: "kami menyadari insiden di mana aktor asing telah berusaha untuk...mengancam...mereka yang tinggal di Kanada. Ini sama sekali tidak dapat diterima."

"Apakah menurut Anda Mohammed bin Salman takut kepada Anda?" tanya Scott Pelley.

"Dia takut informasi saya," jawab Saad Al-Jabri.

Saad memberi tahu beberapa informasi termasuk pertemuan tahun 2014 antara Pangeran Mohammed bin Salman dan kepala intelijen saat itu, Pangeran Mohammed bin Nayef. Itu tiga tahun sebelum kudeta posisi putra mahkota.

Saad mengeklaim pangeran muda itu membual kepada Nayef bahwa dia bisa membunuh raja yang berkuasa, Abdullah, untuk membersihkan takhta untuk ayahnya, Salman bin Abdulaziz al-Saud--raja Arab Saudi saat ini.

"Dan dia mengatakan kepadanya, saya ingin membunuh Raja Abdullah. Saya mendapatkan cincin racun dari Rusia. Cukup bagi saya untuk berjabat tangan dengannya dan dia akan selesai," papar Saad Al-Jabri.

"Cincin racun dari Rusia?" tanya Scott Pelley.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)