Eks Mata-mata Arab Saudi Sebut Pangeran Mohammed bin Salman Psikopat

Selasa, 12 Juli 2022 - 14:19 WIB
loading...
Eks Mata-mata Arab Saudi Sebut Pangeran Mohammed bin Salman Psikopat
Mantan orang nomor dua di badan intelijen Arab Saudi, Dr Saad Al-Jabri, menyebut Putra Mahkota Mohammed bin Salman sebagai sosok psikopat. Foto/CBS News
A A A
WASHINGTON - Saad Al-Jabri, mantan petinggi badan mata-mata Arab Saudi , menuduh Putra Mahkota Mohammed bin Salman seorang psikopat yang berbahaya bagi rakyatnya.

Al-Jabri, yang tinggal di pengasingan di Kanada, melontarkan tuduhan itu dalam program "60 Minutes" CBS News.

Mantan orang nomor dua di badan intelijen Arab Saudi tersebut selama ini mengeklaim menjadi target pembunuhan oleh tim algojo Arab Saudi yang dikirim ke Kanada.

Dia dikenal sebagai salah satu teman terbaik Amerika Serikat (AS) dalam perang melawan terorisme. Sekarang Al-Jabri meminta bantuan Amerika dari ancaman Pangeran Mohammed bin Salman.

"Saya di sini untuk membunyikan alarm tentang seorang psikopat, pembunuh, di Timur Tengah dengan sumber daya tak terbatas, yang menimbulkan ancaman bagi rakyatnya, Amerika dan planet ini," katanya dalam program televisi tersebut.



Saad Al-Jabri berbicara tentang Pangeran Mohammed bin Salman yang merebut kekuasaan di belakang punggung Pangeran Mohammed bin Nayef, pewaris takhta saat itu. Namun pada 2017, Nayef ditangkap oleh Pangeran Mohammed bin Salman.

"Seorang psikopat?" tanya tuan rumah program televisi, Scott Pelley.

"Seorang psikopat tanpa empati, tidak merasakan emosi, tidak pernah belajar dari pengalamannya. Dan kita telah menyaksikan kekejaman dan kejahatan yang dilakukan oleh pembunuh ini," jawab Al-Jabri, yang dilansir Senin (11/7/2022) malam.

Sumber dari intelijen AS sebelumnya memberi tahu CBS News bahwa Saad Al-Jabri tidak akan pernah muncul untuk wawancara semacam ini.

Saad Al-Jabri sudah hidup terlalu lama dalam "profesi diam". Fakta bahwa dia memang akhirnya muncul adalah ukuran dari keputusasaannya.

Saad, mantan mata-mata berusia 63 tahun, telah menikah dan memiliki delapan anak. Dia mulai kariernya sebagai polisi, tetapi naik ke puncak intelijen Arab Saudi dan mendapatkan gelar Ph.D. dalam ilmu artificial intelligence (AI).

Pada 2017, Saad Al-Jabri mendapati dirinya berada di pihak yang salah dalam kudeta Pangeran Mohammed bin Salman. Pangeran Nayef yang digulingkan adalah bos Saad.

Saad melarikan diri ke Kanada di mana dia tinggal dan menolak untuk kembali ke Arab Saudi. Sekarang Pangeran Mohammed membuat keluarga Saad "membayar". Pada hari kudeta, dua anaknya dilarang meninggalkan Kerajaan Arab Saudi.

Putrinya, Sarah, dan putranya, Omar, keduanya berencana untuk kuliah di Amerika. Mereka sekarang berada di penjara Arab Saudi.

Selanjutnya, kata keluarga Saad Al-Jabri, Pangeran Mohammed menargetkan menantu laki-laki Saad. Mereka mengeklaim menantunya diculik di negara ketiga dan dikembalikan ke kerajaan.

"Malam pertama dia diculik, dia menerima lebih dari seratus cambukan. Dia disiksa. Dia dipukuli di punggungnya, di kakinya," kata Khalid Al-Jabri, putra tertua Al-Jabri.

"Dia diberitahu bahwa dia ditahan dan disiksa sebagai wakil ayah mertuanya, yang berarti ayah saya. Mereka bahkan mengajukan pertanyaan kepadanya, menurut Anda siapa yang harus kita tangkap dan siksa agar Dr Saad bisa kembali ke kerajaan?"

Saad Al-Jabri selama ini berbicara keras soal pembunuhan terhadap jurnalis pembangkang Arab Saudi, Jamal Khashoggi, di Istanbul pada 2018.

Intelijen AS mengatakan Pangeran Mohammed bin Salman mengirim tim ke Turki untuk memikat Khashoggi ke konsulat Saudi di Istanbul dan memutilasinya.

Saad mengatakan sebelum pembunuhan Khashoggi diketahui publik, dia menerima peringatan. Seorang teman di dinas intelijen Timur Tengah mengatakan tim pembunuh lainnya sedang menuju Saad di Kanada.

"Dan peringatan yang saya terima, jangan berada di dekat misi Saudi mana pun di Kanada. Jangan pergi ke konsulat. Jangan pergi ke kedutaan. Saya bilang kenapa? Katanya, mereka memutilasi orang itu, mereka membunuhnya. Anda berada di bagian atas daftar," kata Saad Al-Jabri.

Saad mengatakan tim enam orang mendarat di Bandara Ottawa pada pertengahan Oktober 2018. Dia mengatakan, anggota tim berbohong kepada kebiasaan tentang mengenal satu sama lain dan mereka membawa peralatan yang mencurigakan untuk analisis DNA. Tim tersebut dideportasi.

Pemerintah Kanada mengonfirmasi setidaknya sebagian dari cerita Saad Al-Jabri, dengan mengatakan: "kami menyadari insiden di mana aktor asing telah berusaha untuk...mengancam...mereka yang tinggal di Kanada. Ini sama sekali tidak dapat diterima."

"Apakah menurut Anda Mohammed bin Salman takut kepada Anda?" tanya Scott Pelley.

"Dia takut informasi saya," jawab Saad Al-Jabri.

Saad memberi tahu beberapa informasi termasuk pertemuan tahun 2014 antara Pangeran Mohammed bin Salman dan kepala intelijen saat itu, Pangeran Mohammed bin Nayef. Itu tiga tahun sebelum kudeta posisi putra mahkota.

Saad mengeklaim pangeran muda itu membual kepada Nayef bahwa dia bisa membunuh raja yang berkuasa, Abdullah, untuk membersihkan takhta untuk ayahnya, Salman bin Abdulaziz al-Saud--raja Arab Saudi saat ini.

"Dan dia mengatakan kepadanya, saya ingin membunuh Raja Abdullah. Saya mendapatkan cincin racun dari Rusia. Cukup bagi saya untuk berjabat tangan dengannya dan dia akan selesai," papar Saad Al-Jabri.

"Cincin racun dari Rusia?" tanya Scott Pelley.

"Itu yang dia katakan. Entah dia hanya membual atau, tapi dia mengatakan itu dan kami menganggapnya serius," jawab Saad Al-Jabri.

Saad memberi tahu bahwa dia menyaksikan pertemuan itu melalui rekaman video.

"Apakah rekaman video itu masih ada?" tanya Scott Pelley.

"Ya. Saya tahu di mana itu sekarang. Saya tahu ada dua salinan itu. Saya tahu di mana mereka berada," jawab Saad Al-Jabri.

Saad mengatakan saat ini dia hanya memikirkan anak-anaknya yang dipenjara di Arab Saudi.

"Saya harus berbicara. Saya memohon kepada rakyat Amerika dan pemerintah Amerika untuk membantu saya membebaskan anak-anak itu dan memulihkan kehidupan mereka," katanya.

Mantan petinggi intelijen Arab Saudi ini kerap mengkritik keras Pangeran Mohammed bin Salman dan jarang dikomentari pemerintah Arab Saudi.

Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi di Washington DC pernah menanggapi berbagai pertanyaan dari program "60 Minutes" pada bulan Oktober lalu dengan pernyataan tertulis berikut ini:

"Saad Aljabri adalah mantan pejabat pemerintah yang didiskreditkan dengan sejarah panjang mengarang dan menciptakan gangguan untuk menyembunyikan kejahatan keuangan yang dia lakukan, yang berjumlah miliaran dolar, untuk memberikan gaya hidup mewah bagi dirinya dan keluarganya."

"Dia tidak menyangkal kejahatannya, sebenarnya dia menyiratkan bahwa mencuri dapat diterima pada saat itu. Tapi itu tidak dapat diterima atau legal saat itu, dan tidak sekarang," lanjut Kedutaan Saudi.

"Reformasi yang dipimpin oleh Putra Mahkota telah mengakhiri jenis korupsi besar ini. Hari ini, pendapatan negara digunakan untuk mendanai pembangunan ekonomi dan sosial yang belum pernah terjadi sebelumnya, berinvestasi dalam teknologi, berkontribusi pada diversifikasi ekonomi, pemberdayaan pemuda dan perempuan, dan pembangunan bangsa di mana toleransi, moderasi, inovasi dan kewirausahaan berlaku--kebalikan dari apa yang dicari Al-Jabri ketika dia melakukan kejahatannya," papar kedutaan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)