India Bantah Laporan Spekulatif Soal Pengiriman Pasukan ke Sri Lanka

Selasa, 12 Juli 2022 - 05:03 WIB
loading...
India Bantah Laporan Spekulatif Soal Pengiriman Pasukan ke Sri Lanka
India Bantah Laporan Spekulatif Soal Pengiriman Pasukan ke Sri Lanka. FOTO/Reuters
A A A
KOLOMBO - Komisi Tinggi India di Kolombo pada Senin (11/7/2022) menepis laporan yang beredar bahwa New Delhi berniat mengirim pasukan ke Sri Lanka , menyusul salah satu pawai anti-pemerintah terbesar di negara yang dilanda krisis tahun ini.

Laporan tentang India yang mengirim pasukannya berputar-putar di media setelah hari yang dramatis di negara yang bangkrut itu. Kondisi ini mendorong Kedutaan Besar India di Kolombo untuk mengeluarkan pernyataan.



“Komisi Tinggi ingin dengan tegas menyangkal laporan spekulatif di bagian media dan media sosial tentang India yang mengirim pasukannya ke Sri Lanka,” kata pernyataan Komisi Tinggi India di Kolombo.

“Laporan-laporan ini dan pandangan semacam itu juga tidak sesuai dengan posisi Pemerintah India,” lanjut pernyataan itu, seperti dikutip dari Arab News.

Kedutaan Besar India di Kolombo juga mengeluarkan pernyataan serupa pada bulan Mei, setelah laporan tentang pengiriman pasukan New Delhi muncul secara online menyusul bentrokan mematikan di Kolombo yang akhirnya menyebabkan pengunduran diri mantan perdana menteri Mahinda Rajapaksa.

India, satu-satunya tetangga langsung Sri Lanka, telah menjadi sumber utama bantuan asing selama krisis, menyediakan lebih dari USD3,8 miliar jalur kredit, pertukaran dan bantuan untuk negara kepulauan itu.



Kementerian Luar Negeri India mengklaim bahwa Sri Lanka menempati “tempat sentral” dalam kebijakan luar negerinya untuk Asia Selatan, kata juru bicara Arindam Bagchi pada hari Minggu. “Kami terus mengikuti perkembangan terakhir di Sri Lanka. India berdiri bersama rakyat Sri Lanka.”

Sri Lanka menghadapi krisis ekonomi terburuk sejak memperoleh kemerdekaan pada tahun 1948 dan telah menderita selama berbulan-bulan kekurangan makanan dan bahan bakar yang memaksa sekolah-sekolah ditutup. Negara ini telah mengalami rekor inflasi, mencapai 54,6 persen pada bulan Juni.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2172 seconds (0.1#10.140)