PBB: Rusia dan Ukraina Harus Disalahkan atas Serangan di Panti Jompo

Selasa, 12 Juli 2022 - 03:30 WIB
loading...
PBB: Rusia dan Ukraina Harus Disalahkan atas Serangan di Panti Jompo
PBB: Rusia dan Ukraina Harus Disalahkan atas Serangan di Panti Jompo. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Dua minggu setelah Rusia menginvasi Ukraina pada Februari, pasukan Rusia menyerang sebuah panti jompo di wilayah timur Luhansk. Puluhan pasien lanjut usia dan penyandang cacat, banyak dari mereka terbaring di tempat tidur, terjebak di dalam bangunan tanpa air atau listrik.

Seperti dilaporkan AP, serangan pada 11 Maret itu juga memicu kebakaran yang menyebar ke seluruh fasilitas, menjebak orang-orang yang tidak bisa bergerak. Sejumlah kecil pasien dan staf melarikan diri ke hutan terdekat dan akhirnya mendapatkan bantuan setelah berjalan sejauh 5 kilometer.



Dalam perang yang penuh dengan kekejaman, serangan terhadap panti jompo di dekat desa Stara Krasnyanka menonjol karena kekejamannya. Pihak berwenang Ukraina menempatkan kesalahan tepat pada pasukan Rusia, menuduh mereka membunuh lebih dari 50 warga sipil yang rentan dalam serangan brutal dan tidak beralasan.

Tetapi sebuah laporan baru PBB telah menemukan bahwa Angkatan Bersenjata Ukraina juga menanggung sebagian besar kesalahan, dan mungkin sama, atas apa yang terjadi di Stara Krasnyanka, yang berjarak sekitar 580 kilometer tenggara Kiev. Beberapa hari sebelum serangan, tentara Ukraina mengambil posisi di dalam panti jompo, yang secara efektif menjadikan gedung itu sebagai sasaran.

Setidaknya 22 dari 71 pasien selamat dari serangan itu, tetapi jumlah pasti orang yang tewas masih belum diketahui, menurut laporan PBB.



Laporan Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB tidak menyimpulkan tentara Ukraina atau tentara Rusia melakukan kejahatan perang. Tetapi dikatakan pertempuran di panti jompo Stara Krasnyanka adalah simbol dari keprihatinan kantor hak asasi manusia atas potensi penggunaan “perisai manusia” untuk mencegah operasi militer di daerah-daerah tertentu.

Cerita ini adalah bagian dari investigasi yang sedang berlangsung dari The Associated Press dan seri PBS “Frontline” yang mencakup pengalaman interaktif War Crimes Watch Ukraina dan film dokumenter yang akan datang.

Buntut dari serangan di rumah Stara Krasnyanka juga memberikan gambaran tentang bagaimana Rusia dan Ukraina bergerak cepat untuk mengatur narasi tentang bagaimana peristiwa-peristiwa berlangsung di lapangan — bahkan ketika peristiwa-peristiwa itu mungkin masih diselimuti oleh kabut perang. Bagi Ukraina, mempertahankan keunggulan dalam memperebutkan hati dan pikiran dunia internasional akan membantu memastikan aliran miliaran dolar yang berkelanjutan dalam bantuan militer dan kemanusiaan Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)